Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

New Blog

Finally I have my own blog. Blogging sebenarnya bukan hal baru buat saya, saya udah kenal blog sejak sekitar 2011, dan akhirnya mulai coba mulai ngeblog sekitar tahun 2013. Blog pertama saya, punya sekitar 29 postingan dan total pageview nya sekitar 64 ribu. 

Buat ukuran blog pribadi dan niche yang ngga jelas, dan ga keurus, blog itu lumayan.  Blog itu pertama kali dibuat sekitar akhir November 2013. Saya masih mahasiswa baru waktu itu. 

Beberapa alasan kenapa saya bikin blog waktu itu adalah karna ada satu dua hal yang ngga saya temuin di google. Karna susah nemu postingan-postingan yang saya butuhin itu makanya saya bikin sendiri postingan saya di blog. Niatnya sih biar orang lain yang punya masalah yang sama bisa terbantu. Makanya blog itu isinya macem-macem hal.

Blog itu juga ngga setiap saat keurus. Sempet beberapa bulan saya gabisa urus soalnya hardisk laptop rusak. Padahal waktu itu blog saya lagi lumayan pageview-nya dan beberapa ninggalin komentar disana. Saya ga kepikiran warnet dulu makanya yaudah dibiarin begitu aja hehe.

Nah karena kurang jelasnya postingan di blog lama, juga dengan waktu posting yang ngga terjadwal, akhirnya saya jadi kepikiran buat bikin blog baru yang lebih serius. Saya mau konten blognya lebih rapi, dan lebih fokus ke hal-hal lain.

Awalnya sempet bikin di blogspot, tapi saya pikir wah kayaknya bakalan lama banget ini naikin trafficnya, jadi saya pindah ke wordpresss, dengan konten-konten sebelumnya yang di blogspot itu saya posting ulang. Lagipula saya bisa manfaatin bener-bener wordpress itu, supaya blog saya lebih rapi lagi.

Waktu masih di wordpress, tepatnya beberapa hari yang lalu, entah dapet ilham dari mana eh saya pengen ganti domain blog saya jadi .com. Sempet bingung diawal gimana cara order dan settingnya, tapi berbekal searching dan tanya-tanya di grup blogger, akhirnya bisa juga. Emang mudah juga kok ngurusnya. Nah, waktu saya mau ganti domain di wordpress, ternyata mapping ke domain .com nya bayar lagi sekitar $ 13 :(

Kaget waktu itu haha, namanya juga masih mahasiswa dan minta orang tua, kalo bayar-bayar kaya gitu pasti rasanya ga sanggup. Akhirnya saya pindah lagi ke blogspot, yang saya pake sekarang. Saya bikin blog baru dulu, habis itu blog baru nya saya arahin ke domain ini yaitu randomkhns ini yeayy :) (ps. sekarang udah jadi beyourfein) 

Perjalanan blogging ternyata ngga semudah yang saya bayangin. Yang awalnya semangat dan gampang nulis, sekarang ngga segampang itu. Yang dulunya enteng dan mudah mengalir, sekarang sering mentok. Rasanya kayak writer's block tapi durasinya lamaa banget.

Semakin kesini juga saya makin bingung, mirip kayak remaja yang lagi mencari jati diri, saya dan blog ini juga mencari identitas kami sendiri. Cari referensi, malah jatuhnya jadi ngikutin gaya orang dan dalam prosesnya kerasa berat. Kaya bukan diri sendiri. Belum lagi dengan kerjaan utama yang terlalu menyita waktu, blog ini bukan lagi jadi prioritas saya.  

Sekarang, dengan domain baru dan value 'Menjadi Diri Sendiri', saya ingin ketika menulis saya menjadi diri saya sendiri. Saya ngga mau ikut-ikutan lagi. Saya mau nulis apapun yang mau saya tulis, dengan gaya bahasa yang saya suka. Rasanya kayak mulai dari awal lagi, tapi ga apa-apa. Saya mau berkembang bersama blog ini. Ngga mudah, bukan berarti ngga bisa. Asal ada niat dan usaha, dan inget prinsip hehe.

Akhir kata, terima kasih dan selamat berselancar di blog saya :)

(UPDATE 1: sekarang udah jadi ayaocha.com)
(UPDATE 2: sekarang udah jadi beyourfein.com)

Postingan ini mengalami revisi pada 15 September 2021.

Post a Comment for "New Blog"