Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meet My Natural Soaps Bar

Natural Soap Bar

Dari beberapa bulan lalu, saya mulai concern sama isu lingkungan dan salah satu aksi yang saya lakukan adalah dengan bikin sabun natural sendiri di rumah. Setelah nonton banyak tutorial pembuatan sabun, ikut kelas online pembuatan sabun, juga nyiapin alat dan bahan-bahannya, akhirnya bikin sabun dehh.

Kenalan yuk sama sabun-sabun saya. Saya mau sharing aja tentang sabun-sabun ini, kayak minyak yang dipake apa aja, berapa presentase soft oil (yang fungsi utamanya melembapkan) dan hard oil (fungsinya membersihkan dan/atau memberi tekstur keras pada sabun), bahan tambahan dan manfaatnaya, juga review pribadi waktu saya pake sabun-sabunnya.
 
Apa itu Sabun Natural?
Sabun adalah bahan pembersih kulit yang dibuat dari proses saponifikasi atau netralisasi dari lemak, minyak, wax, rosin, atau asam, dengan basa organik atau anogranik, tanpa menimbulkan iritasi pada kulit. Sementara, sabun natural adalah sabun yang terbuat dari bahan alami, seperti minyak nabati, dan telah dicampur dengan alkali, juga biasanya ada tambahan pewarna alami dan bahan aditif alami lainnya.
 
Metode Pembuatan Sabun Yang Digunakan
Ada beberapa metode pembuatan sabun, tapi metode yang saya pake adalah yang mudah dan sederhana dan bisa dilakuin di suhu ruang yaitu metode cold process. Saya baru bikin sabun yang basic aja, belum nyoba buat infuse oil, belum nyoba pake pewarna dan essential oil. Saya fokus buat latihan bikin sabunnya dulu.
 
Saya udah mulai bikin dari akhir September 2023 dan total ada 5 jenis sabun yang udah dibikin. Setiap bikin sabun pasti ada aja cerita serunya, yang paling sering adalah terlalu lama ngaduk pake hand blender jadi sabunnya terlalu kental dan agak susah dituang ke cetakan.
 
Sabun 1: Soft Coconut Oil
Natural Soap Bar
-     Jenis Minyak Yang Dipake: 100% Minyak Kelapa
-     Presentase Soft dan Hard Oil: 100% Hard Oil
-     Tambahan: Madu, Superfat 20% (menambah kelembapan di sabun)
-     Review Sabun: Sebenernya udah berekspektasi, karna minyak kelapa kalo dijadiin sabun itu membersihkan banget dan teksturnya keras tapi bikin kulit kering. Meskipun udah ada tambahan madu sama superfat, sabun ini tetep kerasa kering, tapi saya ngerasain ada feels lembutnya juga. Tapi tetep bikin kering. Kalo fungsi membersihkannya sih oke banget. Nah karena kering, sabun ini lebih sering saya pake buat nyuci baju.
 
Sabun 2: Enjoy The Coffee
Natural Soap Bar
-     Jenis Minyak Yang Dipake: Minyak Zaitun Pomace dan Minyak Kelapa
-     Presentase Soft dan Hard Oil: 70% dan 30%
-     Tambahan: Bubuk Kopi (eksfoliator)
-     Review Sabun: Sabun ini melembapkan dan rasanya lembut banget di kulit. Busa lumayan ada meskipun ngga sebanyak sabun kelapa atau komersil. Setiap habis pake sabun ini, saya pasti langsung elus-elus kulit, soalnya halus banget kulitnya. Yang paling bikin seneng adalah cuma karna pake sabun kopi ini aja, kulit pecah-pecah di kaki saya ilang dong, siku saya yang biasanya kering juga ngga pernah kering lagi sekarang. Kalau kopinya, meskipun saya udah pake yang bubuk, masih terasa agak kasar kalo digosok di kulit, jadi saya gosok kulit (scrubbing) paling seminggu sekali atau dua kali aja.
 
Sabun 3: Its Oat Time
Natural Soap Bar
-     Jenis Minyak Yang Dipake: Minyak Zaitun Pomace, Minyak Kelapa, Minyak Biji Bunga Matahari, dan Minyak Sawit
-     Presentase Soft dan Hard Oil: 65% dan 35%
-     Tambahan: Madu, Bubuk Oat Halus (menambah kelembapan dan busa di sabun)
-     Review Sabun: Sabun ini lumayan sih lembutnya, busanya juga banyak, tapi entah kenapa ada feel kering gitu di kulit.. Kata adek saya malah sabun ini kerasa kering. Kalo busa sabunnya lumayan banyak dan creamy. Oiya, sabun ini juga gampang banget meleleh/lembek meskipun baru sekali dua kali kena air. Mungkin kebanyakan air sama madu kali ya.
 
Sabun 4: Fresh Milk is Good
Natural Soap Bar
-     Jenis Minyak Yang Dipake: Minyak Zaitun Pomace, Minyak Biji Bunga Matahari, Minyak Kelapa, dan Minyak Sawit
-     Presentase Soft dan Hard Oil: 65% dan 35%
-     Tambahan: Susu Sapi (memberi tekstur lembut, menambah kelembapan)
-     Review Sabun: Sabun ini juga terasa lembut banget di kulit, beda sedikit lah sama sabun kopi, dan busanya lumayan banyak. Saya suka banget pake sabun ini, bahkan saya pake juga buat muka dan ga bikin kering. Tapi sayangnya, sabun ini gampang banget lembeknya, tapi maklum sih karna tambahannya susu sapi.
 
Sabun 5: Turmeric Soap
Natural Soap Bar
-     Jenis Minyak Yang Dipake: Minyak Zaitun Pomace, Minyak Kanola, Minyak Biji Bunga Matahari, Minyak Kelapa
-     Presentase Soft dan Hard Oil: 65% dan 35%
-     Tambahan: Bubuk Kunyit
-     Review Sabun: Sabun ini juga terasa lumayan lembut, enak dipake buat badan dan lembap buat siku saya. Tapi berhubung saya udah pake sabun susu sapi sama sabun kopi, walhasil sabun ini rasanya biasa-biasa aja.
 
Rencana Saya Selanjutnya
Habis beberapa kali bikin sabun dengan resep dasar, next time saya pengen banget nyoba beberapa hal misalnya bikin sabun dengan gradasi warna dan tambahan essential oil, bikin sabun dengan bahan tambahan jenis lain misal bubuk arang aktif, matcha, bubuk daun kelor (moringa), trus juga mau nyoba masukin pewarna alami yang diinfuse di minyak supaya warnanya keluar.
 
Saya juga mau nyoba bikin sabun pake metode hot process, yang meskipun hasilnya cenderung berantakan dan ngga halus, sabun hasil hot process itu bisa langsung dipake lho.  Tapi saya masih belum dapet baskom kaca atau stainless steel nih, makanya belum bisa nyoba.
 
---
 
Harapan saya dengan menjadi pembuat sabun natural adalah saya pengen ngasih sesuatu yang baik buat kulit sekaligus berperan dalam menjaga lingkungan. Karna ternyata, kebanyakan sabun yang ada di pasaran itu mengandung SLS/SLES yang kurang baik buat kulit dan lingkungan.
 
Setelah beralih dan pelan-pelan mengurangi sabun yang mengandung SLS/SLES, saya jadi tenang dan ngga merasa bersalah. Malah saya jadinya ketagihan pake sabun natural. Soalnya kulit saya rasanya lembut, halus, dan ngga kering. Saya bahkan ngga butuh body lotion lagi karna kulit saya udah cukup lembap. Maklum sabun yang saya bikin soft oilnya selalu di atas 50%, jadi sabun-sabun saya semuanya sebenernya bagus buat kulit, Tinggal saya yang kudu pinter-pinter formulasinya aja nih.

Post a Comment for "Meet My Natural Soaps Bar"