Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Hidup Sehat Yang Mudah Diterapkan

Tips Hidup Sehat

Saya bukan yang paling ahli buat ngomongin ginian, tapi kita tau hidup sehat itu penting buat diterapin. Banyak banget tips-tips hidup sehat di luar sana yang dibagiin sama ahli kesehatan, dan kita cukup ikutin rekomendasi hidup sehat itu supaya kita hidup dengan baik.

Di bawah ini adalah rekomendasi hidup sehat yang umum banget dibagiin sama pakar kesehatan atau yang ahli dibidangnya, dan rekomendasi dibawah adalah yang lagi saya jalanin.

Minum Air Putih
Saya sering banget diingetin ini, minum air putih yang cukup. Minimal 8 gelas. Boleh minum kopi, teh, susu atau yang lain, tapi air putih tetep harus dipenuhi kebutuhannya.

Ini bisa langsung kerasa lho manfaatnya di badan kita. Paling keliatan sih di bibir. Kalau kita minum air putih yang cukup, bibir kita bakalan selalu lembab dan segar. Kalau kebutuhan cairan kurang, bibir biasanya gampang kering dan pecah-pecah. 

Kedengerannya sepele sih, banyak yang males-malesan juga, tapi justru kurang minum air itu akibatnya banyak banget, dehidrasi, konsentrasi menurun, bahkan bisa sampe berdampak buruk ke ginjal.

Makanya, penting buat memenuhi kebutuhan air supaya badan tetep sehat dan fit.

Olahraga
Kalo ada yang bilang, males ke gym, atau ga ada budget, atau jogging di luar panas, itu bener-bener alesan doang.

Olahraga itu bisa dimana aja, termasuk di rumah. Ada banyak benda yang bisa kita pake buat bantu aktivitas olahraga ringan, sekedar pemanasan tanpa alat bantu pun bisa, misalnya squat jump, lari di tempat, dll. 

30 menit olahraga setiap hari, cukup buat menjaga kesehatan.

Kalo ngga punya waktu olahraga di luar, ada olahraga yang bisa banget dilakuin di rumah, yaitu senam.  Jaman sekarang, video senam itu banyak banget di youtube, bisa pilih mau ikutin senam yang mana.

Intinya, cari aja senam kesukaan. Kalo saya sih, jujur saya senam pake video 'Senam Pramuka' sama 'Senam Ria Anak Indonesia'.

Itu dulu senam saya pas jaman SD, sukaa banget sama backsound yang dipake, makanya saya senam pake itu sampe sekarang. Seru lhoo, bisa sambil ketawa-ketiwi inget kenangan jaman SD.

Emang ngga seberapa, tapi lumayan kan ada senam total 30 menit. Lebih baik ada usaha bergerak dan olahraga, daripada ngga olahraga sama sekali.

Konsumsi Buah-buahan
Penting buat mengkonsumsi buah karena buah mengandung vitamin dan mineral yang baik buat pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Buah juga mengandung serat, yang berfungsi buat melancarkan pencernaan.

Konsumsi buah, terutama buah yang kandungan airnya banyak, itu mbantu buat mengurangi dehidrasi.

Biasanya orang yang jarang makan buah (dan sayur), gampang punya masalah pencernaan di perut, misalnya sembelit.

Kurangi Makanan Berminyak
Berlebihan makan makanan berminyak itu ngga baik, karena akan menambahkan jumlah kalori ke makanan (yang bisa memicu obesitas) dan akan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, bisa juga memicu pertumbuhan jerawat.

Konsumi makanan berminyak secukupnya aja dan berasal dari penggunaan minyak yang baik ya, jangan dari minyak bekas atau minyak yang udah dipake buat goreng berkali-kali. Ngga sehat.

Kurangi Konsumsi Gula/Manis
Orang Indonesia cenderung suka sama yang manis-manis. Es teh manis, jeruk manis, coklat, snack coklat (biasanya mengandung gula yang banyak), jajanan minuman (yang banyak kandungan gulanya juga), dann masih banyak lagi. 

Padahal, bahaya lho makan atau minum yang manis berlebihan, bisa berpotensi penyakit gula. Apalagi dibarengi sama kurang minum air putih. Biasanya habis itu gampang kena penyakit diabetes.

Gejala umum diabetes ada banyak, misalnya sering buang air kecil, gampang haus, luka susah sembuh, berat badan menurun, gangguan pengelihatan, dll.

Selain diabetes, terlalu banyak konsumsi manis juga bisa bikin jerawatan lho. Contohnya saya, saya kalo makan sesuatu yang manis berlebihan, biasanya langsung deh jerawatan. Jerawat merah gitu. Susah ngempesinnya

~~~

Nah, itu tadi 5 tips hidup sehat yang saya rekomendasiin dan mudah banget diterapin. Tips umum yang bisa ditemuin dimana-mana.

Sejujurnya, saya sendiri juga belum sehat banget hidupnya. Mengurangi secara drastis kebiasaan makan kita pasti bikin kaget badan, jadi saya ngejalaninnya pelan-pelan aja.

Susah ya hidup sehat? Ah, engga juga. Tergantung kuatnya niat dan motivasi kita. Kalo masih gampang tergoda gaya hidup yang ngga sehat, berarti motivasi kita perlu dikuatin lagi.

Dampak dari menjaga kesehatan biasanya dianggep ngga terlalu kerasa, tapi nanti setelah umur sekian pasti baru terasa akibatnya ngga jaga kesehatan. Nyesel deh di akhir, kenapaa ya dulu gabisa hidup sehat. Hehe



Ps. Saya nulis ini sambil nahan-nahan pusing di kepala, saya lagi anemia, jadi, mohon maaf kalo nulisnya terkesan ngga niat hehe. Saya berusaha jaga komitmen saya sama Blog Challenge ini.

*Day 12 - 5 Tips Hidup Sehat Ala Kamu
*BPN 30-day Blog Challenge 2018

8 comments for "5 Tips Hidup Sehat Yang Mudah Diterapkan"

  1. Dulu waktu saya lagi perawatan jerawat sama dokter, saya disuruh jangan makan yang goreng-gorengan, banyakin air putih dan hindari makanan berbahan dasar tepung and it works. Kulit saya kinclong bener deh tapi sayang cuma sebulan doang. Abis itu bandel lagi dan balik jerawatan mbak hihi

    btw, get well soon pusing-pusingnya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ini beneran ada efeknya ya? Tapi aku punya temen ya, dia walaupun makanannya sembarangan (gorengan, donat, dll) kulitnya tetap bagus >.< kadang ngiri.

      Delete
    2. Thank youu mba nikeee :')
      Nah itu mbak, saya kurang tau gimana sih penjelasan medisnya, tapi emang minyak yang gorengan itu ga baik buat kulit, di banyak orang langsung keliatan efeknya klo makan gorengan berlebih. Kalo yang berbahan dasar tepung saya belom tau sih hihi, soalnya kulit saya belum pernah ada problem sama yang tepung2an, tapii makasih banget sharingnya, saya jadi bisa mulai ngurangin komsumsi tepung2an hehehe

      Delete
    3. Balik ke fakta kalo kulit setiap orang beda-beda sih mbak dewi, enak banget yang punya kulit 'badak' gitu, makan apa aja ngga ngaruh di kulit. Tapi, buat kesehatan badan tetep aja bisa ngaruh, emang sekarang engga, tapi siapa yang tau beberapa tahun kemudian? Hehe intinya, jangan konsumsi berlebih dan tetep itu air putih, buah2an, sayur, olahraga.

      Delete
  2. Sekarang klo minyak nyobain yang minyak olive oil ternyata jauh lebih enak dari kelap sawit
    Qalaupun blom bisa lepas total dari keniqmatan gorengan hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olive itu lebih sehat kah mbak? Saya belum banyak baca-baca, jadi belum tau pasti
      Lagian, olive oil di saya itu tetep bikin muka berminyak (bener-bener keliatan di muka)

      Delete
  3. Senaaam... Ya Allah, kapan ya terakhir senam. kayaknya udah lama banget. aku suka senam sih, cuma belum nemu tempat yang sip aja. kalau mau senam sendirian itu kok ya. hmmmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh saya senam sendirian di kamar lho mbak, volume nya kecil gitu haha tengsin aja entah kenapa kalo ketauan senam haha

      Delete

Good day everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)