Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Andai Gabung Komunitas Blogger Dari Dulu

Manfaat Bergabung Dengan Komunitas Blogger

Ngga nyangka, udah day 23 aja dan bentar lagi challenge ini bakalan selesai. Cepet banget yaa.

Hari ini, topiknya adalah 'hal yang disesali saat ini'.

Hal yang disesali, ada, dan berpengaruh besar dikehidupan yang saya jalani sekarang, tapi saya ga bisa nulis disini, soalnya pasti bikin mewek. Jadi, saya mau tulis hal yang bikin saya lumanya nyesel, tentang blogging.

Saya udah kenal blog dari lama dan baru bener-bener ngeblog dua tahun terakhir, tapi kenapa baru kepikiran gabung komunitas blogger satu tahun bekalangan? Kenapa baru ketemu sama komunitas BPN setahun ini?

Setahun kemaren saya ngerasa banget perubahan saya dan blog setelah saya gabung beberapa komunitas. Banyak ilmu dan perspektif baru yang saya dapet, saya bisa belajar kesalahan saya, dan dimana saya bisa mengembakan diri dan blog.

Khusus BPN, membernya, termasuk foundernya, itu baikk banget. Mereka seneng banget sharing satu sama lain. Kegiatan komunitas kerasa banget hidupnya di grup facebook sama instagram. Selain sering sharing, BPN juga sering ngasih wadah dan tempat buat blogger lain berkembang, buat lebih dikenal blogger lain. Menurut saya, ini tuh the best blogger community.

Dan ini nih hal-hal yang saya dapet setelah join Blogger Communities


I Know How to Write by Blogwalking
Saya lebih tau tentang nulis setelah saya banyak blogwalking di grup BPN. Daily thread yang mereka buka setiap hari, memudahkan banget buat blogwalking. Ada banyak temen-temen yang drop link di thread harian tadi, jadi saya bisa dapet banyak sumber buat blogwalking.

Secara ngga langsung, saya belajar tentang gimana sih tulisan yang enak dibaca, tulisan yang ngebosenin, tulisan review skincare, bahkan tulisan tentang food and travel.

Terutama, apa yang perlu saya tekankan pada setiap tulisan saya, apa yang perlu banget saya tulis atau informasi apa yang sekiranya dicari pembaca.


Naikin DA PA
Setelah gabung komunitas, saya tau istilah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA), dan seberapa pentingnya mereka. Di grup 'Job untuk Blogger', banyak pemberi job yang mensyaratkan DA PA loh.

Makanya, makin kesini makin tau tentang cara naikin DA PA supaya blog ini makin 'bernilai'. Semenjak itu saya banyak belajar gimana caranya naikin DA PA blog saya, sambil berusaha konsisten buat jaga.


Blog Competition
Nah di BPN juga ada berbagai macam info kompetisi lomba. Saya pernah ikut sekali, dan ngga menang. Yeayy.

salah satu lomba terbaru yang dishare BPN

Dengan ikut lomba, saya bisa belajar nulis. Saya juga bisa belajar dari pemenang kompetisi blog, tentang gimana sih tulisan yang menarik, yang bikin menang. Kan lumayan kalo menang, bisa dapet hadiah, bisa juga dijadiin portofolio.

Semakin sering ikut kompetisi, semakin sering tulisan kita terasah lho. Kenapa? karna kita kita bakalan belajar nulis berbagai jenis tema, bukan cuma tema yang biasa ditulis dan tipe kasual yang biasa dipake di blog.


Challenge
Nah ini nih yang sekarang lagi kita-kita ikutin. Kalo bukan dari komunitas, darimana lagi kita dapet dorongan tambahan buat ikutan challenge dan nulis 1 post setiap hari?

Challenge dari BPN yang masih berjalan sekarang

Selain membiasakan diri nulis, kita juga bakal terlatih buat konsisten. Karena ini dilakuin setiap hari, jadi bisa membentuk kebiasaan buat nulis. 

Challenge ini juga buka perspektif saya, soalnya saya jadi nyadar, ternyata ngeblog itu topiknya bisa apa aja, bisa dari hal-hal disekitar kita, dari hal yang kita sukai, dari perandaian, dll. Bahkan karna ditulis dari pengalaman kita, dari hal yang kita suka disekitar kita, nulis blog rasanya jadi enteng banget. Kita kaya disiapin buat jadi blogger yang bisa nulis apa aja, yang siap nulis tema apapun. Iya kan?

~~~

Nah itu tadi hal-hal yang saya dapet dari komunitas, dan sebenernya masih banyak lagi yang bisa kita dapetin. Daripada nyesel, saya sekarang lebih fokus buat memperbaiki kualitas blog dan tulisan. Saya selalu nyisihin waktu buat cari referensi sambil pelan-pelan belajar.

Oiya penyesalan itu bukan sekedar penyesalan, kita bisa ambil hikmahnya. Jadiin penyesalan sebagai pelajaran, supaya kita bisa jadi seseorang dan blog yang lebih baik lagi.

Satu lagi, be happy with all you have and all you do now, because it's your choice. Cheer up.

*Day 23 - Hal Yang Disesali Saat Ini
*BPN 30 day Blog Challenge

14 comments for "Andai Gabung Komunitas Blogger Dari Dulu"

  1. Samaaaa. Saya agak nyesel baru join BPN sekarang-sekarang nih mbak. Coba dari dulu huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPN itu bikin berkembang banget yaa (kalo emang kitanya juga mau berusaha)

      Delete
  2. Kita patut berbangga hati, karena sudah melewati 23 hari. Hihihi... Semangat kakaaaak .. ! Sya juga baru sadar komunitas itu amat sangat berfaedah.. ❤️❤️❤️❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi yoi mbaaa, ngga kerasa banger 23 hari itu, berat tapu tetep berusaha ngejalanin.

      Naah, makanya saya sharing ini supaya orang lain tau kalo komunitas itu membantu kita yang mau berkembang. Tapi kalo kita ngga berusaha, ya sama aja boong meskipun kita ikut komunitas ini itu, tul kan?

      Delete
  3. Aku juga nyesel kenapa baru 2th ini ngeblog & gabung komunitas blogger, dari dulu aku ngapain aja coba? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya itu yang saya pikirin, ngapain ajaa coba sampe ngelewatin komunitas2 yang keren2 gitu

      Delete
  4. Kok sama ya cha saya nyesel baru ngeh di fb nya meuni aktif share biar pada bisa blogwalkingan dan ternyata di bp ini asyik banget, jadi bisa safari ke blog teman karena uda ada tread khususnya. Selama ini di grup lain ku kli share prasaan susah banget saling bw nya ahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh dan enaknya lagi masing2 tema ada threadnya sendiri, jadi bisa bw ke tulisan2 yang disuka
      Ngga bingung pokoknya lah mau blogwalking lun

      Delete
  5. wah bener. kok gak kenalan sama blogger perempuan dari dulu ya. saya juga baru tahu. tapi gak harus menyesal terus kan. lewat BP jadi banyak teman blog. hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa astaga BP itu super banget pokoknya, membernya juga baik-baik, suka bw balik, sekarang dari pada nyesel mending memanfaatkan waktu yg ada buat kegiatan yg positif bareng bp

      Delete
  6. semoga terus semangat berkecimpung di dunia blog yaa

    ReplyDelete
  7. Sama... saya juga nyesel, kenapa baru join BPN sekarang. Padahal dapat ilmu banyak banget dari sini.

    ReplyDelete

Good day everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)