Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kota-kota yang Pernah Ditinggali

Kota Yang Pernah Ditinggali

Saya udah beberapa kali pindah kota/kabupaten. Dulu pindah-pindah sih, faktor kerjaan abi. Setiap 2 atau 3 tahun sekali beliau dimutasi. Trus karna saya masih kecil juga, makanya diajak pindah-pindah. Rasanya enak ga enak sih.

Ini dia kota-kota yang pernah saya tinggali.


1. Tambun Selatan, Kab Bekasi, Jawa Barat
Ini kota tempat saya menghabiskan masa kecil saya. Waktu itu di deket perumahan saya ada sungai, yang tiap ada hujan deres pasti deh kami kebanjiran. 

Pernah juga sampe ngungsi, karna dari tengah malem air udah masuk ke dalem rumah. Surutnya baru beberapa hari kemudian.

Tapi disini, saya punya banyak banget kenangan. Ya tentang kebahagian mas kecil saya, kesalahan saya, dan lain-lain lah pokoknya. Tiap inget kota ini, saya jadi baper.

2. Luwuk, Kab. Banggai, Sulawesi Tengah
Pertama kali setelah bertahun-tahun tinggal di Tambun Bekasi, Abi saya dimutasi ke luar pulau. Shock banget sih, karna mbak dan mas saya ngga ikut, mereka dititipin di rumah mbah di Karanganyar Jawa Tengah. Jauh banget.

Eh pas dateng ke Luwuk, saya malah langsung jatuh cinta.

Di ingatan saya, Luwuk itu kota yang hijau, segar, dan bersih dari sampah. Posisinya yang deket banget sama laut, ngga bikin Luwuk jadi kerasa panas, soalnya deket juga sama perbukitan.

Ada pantai yang terkenal deket area pemukiman, namanya kilo lima. Seruu banget main disana.
instagram.com/soalpalu
Pantai Kilo Lima
Oh, ada satu makanan yang membekas banget di ingatan saya, pisang goreng dicocol sambel. Waaaaw enak bangett, apalagi dimakan pas masih hangat.

3. Ambon, Maluku
instagram.com/haryantowisnu
Gong Perdamaian Dunia di Ambon
Setelah sekitar 1,5 tahun di Luwuk, Abi saya dimutasi lagi, kali ini ke Ambon. Makin jauh dari pulau jawa. Yang saya takutin pertama kali, apakah orangnya kasar-kasar? Karna dulu kan ada stereotipe kalo masyarakat timur, termasuk Ambon, itu kasar.

Pas udah di Ambon, ternyata enggak. Mungkin omongannya yang keras, tapi emang begitu cara mereka ngomong. Engga bermaksud kasar atau keras. Kalopun ada yang kasar, itu lebih ke pribadinya, ngga ada kaitannya sama Ambon.

Saya dulu tinggal di daerah Batu Merah, di daerah tinggi yang jelas. Kebanyakan muslim emang tinggal di daerah dataran tinggi.

Ada dua lagu kesukaan saya dari Ambon, entah kenapa suka aja, judulnya Kenangan Transit Passo, sama Mama Su Seng Ada, yang sampe sekarang saya masih suka puter lagunya. Inget liriknya malah. Soalnya baguus.

Jadi keinget, pas SMP ujian seni budayanya malah disuruh nyanyi. Wkwk padahal suara bagus engga, nyanyi pun fals.

4. Kab Karanganyar, Jawa Tengah
instagram.com/jogjajatenng
Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu, Karanganyar
Nah, setelah dari Ambon, saya dititipin di rumah mbah di Karanganyar Jawa Tengah. Kenapa? Karna saya udah makin besar, udah kelas 1 SMA, takutnya kalo pindah-pindah justru bakal ribet buat saya.

Coba kalo pas kelas 3 SMA trus tiba-tiba Abi saya mutasi, waduh itu nanti orang tua saya yang bingung. Bisa jadi, saya ngga diterima di SMA manapun. Pernah ada pengalaman buruk pas mutasi di masa-masa mau ujian soalnya. 

Di Karanganyar, saya tinggal di daerah Tasikmadu. Tapi sekolahnya di daerah Kebakkramat.

Ngga ada yang terlalu spesial sih disini. Saya anaknya pendiem banget, belum lagi karna anak pindahan jadi ngga punya satupun kenalan di sini. Temen-temen baik dan nerima saya, dan saya cukup kenal mereka.

5. Yogyakarta, DI Yogyakarta
instagram.com/dianhermawan
Tugu Jogja
Setelah lulus SMA, saya mutusin kuliah di Jogja. Pertimbangannya sih karna ada salah satu temen deket dari Ambon yang juga kuliah di sana. Kan lumayan ada temen satu, bisa pergi bareng, bisa curhat-curhatan.

Di Jogja, saya nemuin yang namanya temen. Serius, mereka temen-temen yang nerima saya apa adanya. Saya berkembang dan jadi lebih baik ya di jogja ini, di universitas tempat saya belajar.

Lingkungan saya disana positif, temen-temen juga positif, jadi saya ikut kena positifnya. Huhu bapeer, temen-temen baik saya di Jogja semua. Termasuk adek-adek tingkat yang gesrek.

6. Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah
Nah, ini pas masih kuliah di Jogja, akhirnya Umi saya beli rumah di Kartasura, yang artinya klo saya liburan saya pulangnya ke Kartasura. Sebelumnya saya selalu pulang ke Karanganyar karna saya sebelumnya tinggal sama mbah di sana. 

Kartasura itu kecamatan, tapi lokasinya deket banget sama Solo sama Klaten.

Yang spesial sih, karna akhirnya saya dan sodara bener-bener punya tempat buat pulang. Soalnya selama ini kami dititipin di rumah mbah atau rumah budhe. Meskipun keluarga, tapi tetep masih ada rasa sungkan gimana gitu kan ya.

7. Kota Malang, Jawa Timur
Setelah lulus kuliah bulan Maret kemaren, saya bingung mau gimana. Di satu sisi, saya pingin mandiri dan kerja di luar dulu, biar bener-bener bisa mandiri dan manage keuangan saya.

Tapi disatu sisi, kalo kerja di luar kota, otomatis pengeluaran lebih banyak, misalnya kos, makan, listrik, air, dan kebutuhan lain.

Kebetulan saya diminta tolong mbak buat nemenin di Malang. Akhirnya sih saya ngekos lah di deket kontrakan mbak di Malang hha. Cari kerja juga di Malang. Urusan makan, saya ke tempat mbak, air juga kesana haha. Jadi lumayan pengeluaran saya ngga terlalu banyak.

~~~

Nah, itu tadi ada sekitar 7 kota/kabupaten yang pernah saya tinggali. Ada yang ngos-ngosan baca tulisan saya kali ini ngga? Hehehehe 

Iya emang saya lumayan sering pindah-pindah, ngga berlebihan dong ya kalo saya bilang saya ini nomaden.

Pindah-pindah terus itu hmm capek loh, efeknya paling kerasa sekarang sih capek mau kenalan sama orang baru. Baru juga kenalan sama temen baru dan lingkungan baru, beneran yang lagi akrab-akrabnya sama temen-temen eh ternyata harus pindah lagi. Capek banget rasanya.


*Day 14 - Kota-kota yang Pernah Ditinggali (Pengganti tema Zodiac Kamu dan Apakah Sesuai Dengan Kepribadian)
*BPN 30 day Blog Challenge 2018

6 comments for "Kota-kota yang Pernah Ditinggali"

  1. Wow, jauh-jauh ya mbak. Dengan hidup nomaden kita bisa mengenal nusantara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, plusnya disitu, banyak kenal bahasa daerah lain sama kebudayaannya

      Delete
  2. Wahbberkat abi, jadi nyicip kota kota cantik di nusantara ya, seruuu pas di indonesia timur pasti pengalaman dan culturenya beda ma di jawa
    Apalagi geografisnya juga masih yg ijo ijo ga sebanyak terpapar polutan ibukota hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangett, jadi bisa lebih 'tau' Indonesia itu kaya apa, jadi lebih menghargai sesama orang, bener-bener memahami tipe orang kaya apa juga

      Delete
  3. Wah saya juga suka pindahan gara2 itu sempet bingung mau adaptasi lagi sama temen2 baru, pengen juga main ke sulawesi pemandangannya oke2 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saking seringnya sampe bingung+capek mau kenalan lagi,
      Iya mbak, cantik banget pemandangan di Sulawesi tuh sebenernya

      Delete

Good day everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)