Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Susahnya Ngeblog Sambil Kerja Full Time

Susahnya Ngeblog Sambil Bekerja Full Time

Berakar dari kesibukan saya akhir-akhir ini dan kondisi blog yang semakin jarang saya isi tulisan, saya jadi bener-bener merasa, kok ternyata kerja dan blogging itu susah banget ya dikerjain bareng. Sudah dalam arti, membagi waktunya. Karena pekerjaan utama saya sangat menyita waktu, jadi sisa waktu yang saya punya biasanya saya pake buat istirahat aja.

Biasanya saya kalo mau bikin konten blog itu gampang, ada aja ide di kepala, tapi beberapa bulan belakangan ini gatau kenapa susah banget mau bikin konten tuh. Apalagi dua bulan belakangan saya lumayan sibuk karna saya udah mulai kerja full time di kantor.

Tapi, bisa jadi ini terkait dengan prioritas, bisa jadi karena yang namanya writer's block, kurang dalam manajemen waktu, atau bisa jadi yang lainnya. Kalo saya, ini yang saya rasain akhir-akhir ini:

1. Saya merasa capek berkepanjangan
Tiap pulang kerja rasanya capek luar biasa, lelah pikiran juga, jadi rasanya males banget mau ngurusin apa-apa. Saya maunya pulang kerja itu have fun kaya main sosmed dan youtube, ato langsung istirahat. Itupun ternyata tiap bangun pagi, capeknya masih kerasa.

2. Saya merasa waktu saya sedikit
Bales komen di blog, blogwalking, bales chat, bikin saya merasa waktu istirahat saya jadi makin berkurang. Waktu saya buat bersenang-senang juga berkurang, dan balik ke poin sebelumnya, saya maunya pulang kerja itu istirahat. Ngga jarang, habis isya saya langsung tidur karna kecapean.

3. Mungkin masih kaget sama kehidupan kerja
Mungkin saya terlalu kaget sama kultur kerja, seolah-olah kerja itu melelahkan banget dan bikin saya ngga ada waktu istirahat. Saya selalu menjadikan kerjaan saya sebagai prioritas, karna memang kebetulan saya harus stay setiap saat buat urusan kerjaan. 

Mungkin saya belum bisa ngatur waktu buat kerjaan, blog, dan buat diri saya sendiri, jadi saya keteteran banget dan perlu waktu buat menyesuaikan diri.

Hmm

Sejauh ini, cuma tiga hal diatas yang saya rasa menghambat saya dalam bikin postingan blog. Ternyata saya ngga mau usaha dan belajar ngatur waktu. Saya nulis konten ini pun ketika saya bener-bener menyadari, saya udah terlalu lama menelantarkan blog saya.

Padahal, bulan Desember kemarin saya baru aja ikutan one day one post blog challenge-nya Blogger Perempuan Network dan saya bisa.

Bulan Desember 2018 ada lebih dari 20 konten di blog, eh lha kok bulan Januari 2019 cuma ada 2 konten.

Susahnya Ngeblog Sambil Bekerja Full Time
Tuh liat deh, november ada 12, desember ada 22, lha kok januari cuma 2

Miris banget blog saya.

Adakah yang juga mengalami masa kaya saya?

Sekarang, sambil mikirin konten apa yang mau saya buat, saya nyoba mikirin juga hal-hal apa yang kiranya bakal bisa ngembaliin semangat saya, termasuk buat ngeblog.

1. Saya harus inget lagi alasan kenapa saya suka blogging
Hmm kalo ditanya kaya gitu sih, saya bakal mikir lama, soalnya saya cuma suka. Ini tempat yang memberikan saya kebebasan tanpa tuntutan dan tekanan. 

2. Berpikir positif
Bukan berarti selama ini pikiran saya toxic, tapi saya harus merubah mindset saya tentang "waktu", bahwa waktu itu berharga dan ngga seharusnya saya membuang waktu yang berharga itu dengan leyeh-leyeh atau kerja-tidur aja.

3. Exercise atau stretching
Nah ini, seperti yang saya bilang sebelumnya, saya merasa lelah aja. Saya pasti butuh olahraga, minimal stretching lah biar badan ngga kaku. Kalau rajin olahraga, badan pasti lebih sehat, kan?

4. Kurangi tiduran
Kayanya, ini juga bikin saya gampang capek. Abisnya, karna ngerasa capek saya jadi buru-buru naik ke kasur trus tiduran di sana meskipun saya ngga tidur. Pun hari minggu. Di atas kasur mulu main sosmed. Padahal kelamaaan tiduran itu bikin kepala pusing dan makin bikin badan loyo.

5. Be profesional
Penting untuk mengatur waktu batasan buat kerja. Saat jam kerja, harus fokus sama kerjaan. Diluar jam kerja, kita ngga terikat sama kerjaan dan bisa ngelakuin hal lain, misalnya pengembangan diri supaya kualitas diri semakin baik.

~~~

Sepertinya, saya udah nemuin kemungkinan kenapa susahnya konsisten ngeblog dan solusi buat diri saya sendiri supaya saya bisa ngembaliin semangat ngeblog saya. Penting buat tahu proses ini, karena dengan cara ini saya bisa bikin komitmen sama diri saya sendiri buat berubah, sesuai dengan solusi yang saya tulis sendiri.

Kedepannya, ngeblog pasti tetep susah kalo sambil kerja, tapi bukan berarti ngga mungkin kan? Jadi, niat dan usaha saya nih yang harus dikuatin lagi. 


UPDATE
Postingan ini telah mengalami revisi pada 15 September 2021.

27 comments for "Susahnya Ngeblog Sambil Kerja Full Time"

  1. Ahaha... kalau dibandingkan waktu SMA atau kuliah, ngeblog waktu sudah kerja memang terasa lebih mengurangi waktu santai. Apalagi kalau sudah menikah dan punya anak. Tapi yang penting prioritas, kok, sisanya dibawa santai aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karna saya juga baru pertama kali yang bener-bener kerja kali yah jadinya dibawa berat

      Delete
  2. Aduuh sama banget ini problemnya.. Kalau pulang kerja rasanya butuh istirahat aja. Kalau aku ditambah karena kerjanya juga masih seputar tulis menulis, jadi pulang kantor mau nulis blog kok seperti kerja lagi nggak ada istirahatnya :(

    Anyway, salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerjaan apapun tetep aja bikin lelah ya mbak, sampe pengennya istirahat doang

      Dan salam kenal juga mbak

      Delete
  3. Setuju sih, hehe. aku semenjak jadi istri rumah tangga, jauh lebih produktif dalam hal perbloggingan. Dulu waktu kerja, bawaannya gak mood. Kalau dipaksaian, kualitas tulisannya malah jelek, jadi malah gak puas liat hasinya. Tapi kalau ada niat, pasti ada jalan. Semangat dan salam kenal ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih sebenernya poinnya disitu, ada niat ada jalan hihi makanya saya nulis post ini buat mencoba membangun lagi kesenangan ngeblog

      Delete
  4. Bisa dimaklumi mbak kalau keadaannya seperti mbak. apalagi lelah fisik biasanya merentet ke lelah otak juga. pengennya gak ngapa-ngapain. tapi masih mending loh mbak. meski jarang ngeblog, masih ada yang kasih komen. daripada saya ngeblog tapi gak ada yang backlink, alias komen kosong. huhuhu... semangat mbak. nulis lagi yuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe kalo masalah komentar, saya mencoba buat tetep blogwalking mbak, dari blogwalking itu biasanya ada yang main balik ke blog saya

      Delete
  5. Hai, Mbak. Aku pun sama sepertimu. Pagi sampai sore kerja, tapi ponsel standby buat menjawab pertanyaan-pertanyaan, dan di sisi lain maunya aktif blogging juga. Energi serasa sudah habis duluan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dan wara-wiri kesininya. Aku termasuk baru sih di dunia blogging. Baru mulai September 2018. Supaya lebih santai, aku menulis karena aku suka bercerita aja. Jadi nggak pakai alasan lain. Ini rasanya lebih rileks gitu. Blog walking kulakukan di sela-sela waktu santai. Semakin kesini semakin nyaman karena aku menemukan banyak hal di tulisan-tulisannya teman-teman blogger.

    Happy blogging, yaaa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga mbak, seperti yang saya cerita mungkin saya lagi di fase kaget kehidupan kerja aja, makanya lelah banget, saya sih tetep menulis sesuai keinginan saya, post ini contohnya hehehehe

      Happy blogging juga mbak, semoga semakin banyak menemukan tulisan-tulisan luar biasa blogger lain

      Delete
  6. Kalau saya mikirnya gini mbak, udh keluarin duit buat beli domain, self hosting dan maksimalin seo semua keluar duit lah kenapa ngak kerja keras juga buat mengisi lahan yang harusnya jd lahan duit lagi heheheh. Tapi kadng mood males ngeblog harus dibiarkan saja, anggap aja break asal jangan kelaman heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempet mikir gitu juga mbak, tapi entah kenapa kok gak ngaruh ya di saya hahahaha

      Thank you so much anyway

      Delete
  7. Samaa banget mbaaak, rasanyaa berat gtu mengusir rasa males mager setelah seharian kerjaa.
    Biasanya kalau uda kena writer's block gtu saya break bentar lalu mengingat-ingat alasan ngeblog sama seperti yg mbak lakukan. Perlahan rasa malas hilang terus mulai deh pasang target posting blog lebih rutin dr biasanya biar rasa malas ndak kembali menyerang hehehe

    salam kenaal ya mbaak, semangaat terus ngeblognya ~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaaaan banyak yang ngerasain sama kaya sayaa, susah kali membuang malas ini, tapi yes dukungan dari teman-teman blogger disini salah satu yang bikin saya semangat rutin ngeblog

      Delete
  8. Tetap semangat mba, santai aja mba ��

    ReplyDelete
  9. saya awal kerja juga merasa kalau waktu istirahat ya istirahat, pulang kerja ya tidur saja. Saya jadi menelantarkan blog saya yang lama. Namun lama lama saya merasa saya kurang produktif akhirnya ngeblog lagi deh :" mungkin mbak cuma kaget aja dengan suasana tempat kerja yang baru, nanti bakal terbiasa, tetap semangat mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much hehe

      Sekarang saya mulai mencoba membuang malas dan membangung strategi nih gimana biar tetap bisa konsisten

      Belum nemu yang pas tapi semoga segera bisa rutin ngeblog lagi

      Semangat ngeblog juga mbaak

      Delete
  10. Kita merasakan hal yang hampir sama beb, bedanya, setelah 2 bulan menikah ini aku masih sibuk beradaptasi dengan kehidupan baru setelah menikah. Yang biasanya bebas dan sante bgt jd anak kos, ada pembantu pula di kosan, skrg tinggal berdua sm suami dan ga ada pembantu, kerjaan rumah yg keliatan sepele ternyata sangat menguras tenaga, waktu untuk nulis blogpun hampir nggak ada. Untungnya suami selalu support, walaupun udah lama bgt ga nulis, cuma post yg didraft doang tp masih sempat BW hahahaha

    ReplyDelete
  11. Bener banget nih mbak. Terkadang sosial media ini yang bikin kita malas setengah mati dan cuma ngabisin hari di atas kasur aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha pada setuju yaa
      Ya emang faktanya gitu sih ya

      Delete
  12. Samaan banget mbak, aku juga ngeblog sambil kerja kok, waktu masih single sih aku nyante bgt, sehari bisa nulis 3 artikel, tp setelah merit kayaknya waktu udh limit banget, harus pinter2 bagi waktu.

    ReplyDelete
  13. Kalau saya ngeblog hanya sekedar buat hiburan, bahkan saya bisa hiatus lama. Soal konten, aduh kalau saya asal publish saja. Tidak begitu pusing dengan kulaitas artikel. Yang penting saya senang, sudah cukuplah.

    ReplyDelete
  14. Jadi deg degan sendiri gimana blog aku nantinya kalo aku udah kerja, soalnya sekarang masih mahasiswa dan rasanya masih bisa ngehandle blog :(

    ReplyDelete
  15. 2020-2021 saya juga sempat hilang dari dunia blog beberapa saat karena banyak tugas dan buntu inspirasi, padahal sebenarnya banyak yang bisa ditulis di blog jika menyempat-nyempatkan waktu sedikit😣 Intinya konsistensi dan semangat nulis blog yaahhh😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul, dari dulu ide cuma dibiarin aja, ngga dikembangin haha jadinya terlantar deh ini blog

      Semangatt blogging buat kitaaa :D

      Delete

Good day everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)