Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Starting My Soapmaking Journey

Pembuatan Sabun Natural

Bulan Agustus jadi salah satu bulan yang penting dan memorable buat saya soalnya saya akhirnya mutusin buat mengganti sabun-sabun saya dengan sabun natural. Lebih tepatnya, saya mau bikin sabun natural sendiri.
 
Saya nemuin ketertarikan ini secara ngga sengaja waktu lagi scroll Youtube dan nemu akun yang video pendeknya menarik banget, yaitu soapleasure. Dari nonton konten-kontennya yang seru dan edukatif, akhirnya tersadarlah saya sama keinginan lama saya yang terpendam, sampe akhirnya tiba-tiba pengen serius.
 
Sebenernya saya belum siap secara finansial. Selama ini saya ngga pernah nge-budget dana buat ini. Jadi waktu mutusin serius, saya pelan-pelan aja prosesnya. Dari belajar, persiapan ilmu, persiapan alat, juga bahan disiapin sedikit demi sedikit.

Tentang perjalanan pembuatan sabun, saya mulai dari..

Nonton Video Edukasi Sabun di Soapleasure
Hal paling awal dan paling gampang yang bisa saya lakuin adalah dengan nonton video dari Soapleasure. Alhamdulillah. 

Video di Soapleasure kebanyakan sifatnya edukasi, banyak ilmu tentang persabunan yang dibagiin di sana, mulai dari minyaknya, alat yang dipake, masalah-masalah yang mungkin timbul waktu pembuatan sabun, bahkan sering bagiin resep pembuatan sabun yang bisa dipake subscribernya.
 
Saya belajar banyak dari beliau, saya tonton semua videonya yang totalnya ada ratusan dan take notes informasi penting. Ga cuma videonya, saya juga baca-baca caption sama kolom komentar karna biasanya ada ilmu bermanfaat juga di sana.
 
Tau ga sih? Ilmu-ilmu dari akun ini yang bikin saya berani buat bikin sabun sendiri, karena ilmu yang dibagiin cukup lengkap, juga ada video resep sama praktek bikin sabunnya.
 
Cicil Beli Peralatan dan Bahan
Setelah yakin mau serius bikin sabun natural sendiri, saya mulai nyicil beli peralatan yang dibutuhin. Mulai dari baskom, hand blender, wadah, saringan, cetakan sabun, talenan pemotong sabun, senar pemotong sabun, timbangan digital, dll. Baskom punya sih di rumah, tapi berhubung ini buat sabun, dan kalo udah dipake buat bikin sabun itu alat-alatnya ngga boleh dipake buat makanan, jadinya saya beli baru deh.
 
Pembuatan Sabun Natural
kiri ke kanan: string pemotong sabun, talenan pemotong sabun, cetakan sabun

Pembuatan Sabun Natural
kiri ke kanan: hand blender, baskom, timbangan digital

Selain alat, saya juga nyicil beli bahan-bahannya kaya minyak zaitun, minyak kelapa, minyak sawit, minyak biji bunga matahari, NaOH, air, dan bahan tambahan lainnya. Nah, banyak ya yang perlu dibeli. Saya beli beberapa jenis minyak soalnya sekalian aja buat latihan beberapa kali.
 
Pembuatan Sabun Natural

Kalo dihitung-hitung, pengeluaran beli alat sama bahan ini udah ngabisin banyakk lho. Alhamdulillah ngga semua saya beli sendiri, ada yang dibeliin keluarga saya hehe. Tapi yang saya tekenin dalam proses pembelian alat dan bahan ini adalah, pelan-pelan aja, sedikit demi sedikit.
 
Ikut Kelas Online Pembuatan Sabun Natural di Skill Academy
Nah, habis tamat nonton video di Soapleasure dan sambil nyicil peralatan yang belum lengkap, saya mutusin buat ambil kelas online pembuatan sabun natural di Skill Academy.
 
Alhamdulillah bangett saya tuh baru lolos kartu prakerja dan baru nyelesein pelatihan pertama, jadi dapet insentif yang lumayan. Begitu insentif dikirim, uangnya langsung saya pake buat beli pelatihan.
 

Seneng banget sih bisa ikut pelatihan online soapmaking, karna ternyata materinya banyak dan cukup lengkap, bener-bener dari awal yang pengenalan tentang sabun natural, jenis sama karakteristik minyak, formulasi sabun, resep dan praktek, bahkan sampe marketing dan izin usaha juga ada.
 
Materi dan pelatihan ini udah sangat melengkapi secuil ilmu yang saya punya. Saya jadi makin yakin buat bikin sabun natural, bahkan terbayang buat jadi soapmaker dan jualan sabun donggg. Berarti habis ini kudu segera praktik sama latihan banyak-banyak nih biar bisa upgrade skill.
 
---
 
Masih perjalanan yang panjang buat menjadi soapmaker, tetep banyak yang perlu dipelajari, dan lumayan banyak dana yang perlu disiapin buat latihan bikin sabun. Meskipun gitu, saya yakin sama keputusan ini. Jadi biarpun makan waktu agak lama, gapapa. Toh saya perlu mencoba banyak hal. Tanpa mencoba, saya ngga akan jadi lebih baik.
 
Jujur sebenernya agak ngga sabar sih, pengennya segera bisa, tapi saya ngeyakinin diri sendiri, kalo mau serius di soapmaking itu perlu kemampuan dan pengalaman yang cukup. Bismillah, semangat.
 
Oke, gitu aja cerita saya, semoga bermanfaat :)

Post a Comment for "Starting My Soapmaking Journey"