Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sharing: Apakah Bisa Mengaktifkan Kembali Domain Yang Sudah Expired?

Cara Mengaktifkan Kembali Domain Yang Sudah Expired

Haloo. 
 
Seperti yang kalian lihat, unggahan blog terakhir yang saya buat ada di Bulan Februari tahun 2019, dan semenjak itu saya ngga bikin postingan apapun. Bahkan saya biarin blog ini dengan ngga memperpanjang domain. Domain saya dulu adalah ayaocha.com, yang saya beli dari Rumahweb.

 

Karena ngga memperpanjang domain, otomatis domain saya statusnya menjadi inactive. Ketika saya cek di akun Rumahweb saya, statusnya juga tertulis expired.

Cara Mengaktifkan Kembali Domain Yang Sudah ExpiredApakah Bisa Mengaktifkan Kembali Domain Yang Sudah Expired
Statusnya expired nih
 

Singkat cerita karena ingin aktif lagi di blog, saya mencoba menghubungi Admin Rumahweb untuk menanyakan apakah bisa domain saya yang statusnya expired bisa diaktifkan kembali.


Respon Admin Rumahweb lumayan cepet, dan waktu saya sampaikan maksud saya, ternyata Admin Rumahweb ngga bisa mengaktifkan kembali domain saya karena, domain saya sudah dimiliki orang lain. Kalau domain saya belum dibeli orang lain, mungkin masih bisa diaktifin.
 
Admin Rumahweb juga ngasih link, yang nunjukin domain saya ada di sebuah web dan dijual. Harga yang mereka patok $688 atau Rp 9.779.018 (Kurs 14.213). Wah, itu sih mahal banget ya, jadi saya putusin dengan cepat buat mengikhlaskan domain ayaocha.com tersebut.
Cara Mengaktifkan Kembali Domain Yang Sudah Expired

Karena saya harus buat domain baru, saya juga sekalian bikin perencanaan blog, salah satunya adalah rebranding. Saya ingin menunjukkan diri saya, ketertarikan, kepedulian, dan kualitas saya melalui domain blog, sehingga jadilah domain blog ini beyourfein.com. Cerita lebih detil mengenai domain bisa teman-teman baca di halaman About Me saya ya.

Ternyata ganti domain ngga seberat yang saya pikir. Saya bahkan merasa sudah menunjukkan perubahan saya yang lebih baik, hanya dengan melalui domain. Mungkin kerasa agak ribetnya karena harus ganti semua link yang ada di blog ya, tapi menurut saya itu ngga seberapa sih.
 
Oiya, meskipun saya pakai domain baru, domain lama tetap tercantum di akun Rumahweb, dan kita perlu email secara mandiri minta penghapusan domain dengan kirim email ke billing@rumahweb.com. Ketika saya coba, prosesnya cukup cepat. Dari proses konfirmasi dan penghapusan di akun, semua ngga memakan waktu lebih dari 10 menit.

Cara Mengaktifkan Kembali Domain Yang Sudah Expired
Ini sewaktu ngajuin permohonan penghapusan domain jam 12.50

Cara Mengaktifkan Kembali Domain Yang Sudah Expired
6 menit kemudian, domain saya sudah dihapus. Begitu juga ketika saya cek di akun saya.


Nah buat teman-teman yang mungkin juga mengalami, bisa coba untuk menghubungi admin penyedia domain terlebih dahulu, barangkali domainnya masih bisa diaktifkan kembali. Tapi kalau sudah ngga bisa, salah satu opsinya adalah ganti domain. Mengganti domain bisa juga lho jadi kesempatan buat meningkatkan kualitas diri. Tetap semangat, jalan kita masih terbuka dan panjang.



UPDATE.
Postingan ini telah mengalami revisi pada 15 September 2021.

1 comment for "Sharing: Apakah Bisa Mengaktifkan Kembali Domain Yang Sudah Expired?"

  1. sama seperti kasusku dulu mbak, ketar ketir juga kalau alamat domain nggak bisa dipake lagi

    ReplyDelete

Good day everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)