Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sharing : Apakah Bisa Mengaktifkan Kembali Domain Yang Sudah Expired?



Halo semuanya. Semoga hari kalian selalu cerah yaaa. 

 

Seperti yang kalian lihat, unggahan blog terakhir yang saya buat ada di Bulan Februari tahun 2019, dan semenjak itu saya ngga membuat unggahan apapun. Bahkan saya membiarkan blog ini dengan ngga memperpanjang domain. Domain saya dulu adalah ayaocha.com, yang saya beli dari Rumahweb.

 

Karena ngga memperpanjang domain, otomatis domain saya statusnya menjadi inactive. Ketika saya cek di akun Rumahweb saya, statusnya juga tertulis expired.


Statusnya expired nih


 

Singkat cerita karena ingin aktif lagi di blog, saya mencoba menghubungi Admin Rumahweb untuk menanyakan apakah bisa domain saya yang statusnya expired bisa diaktifkan kembali.


Ternyata respon Admin Rumahweb lumayan cepat, dan ketika saya sampaikan maksud saya, ternyata Admin Rumahweb tidak bisa mengaktifkan kembali domain saya karena, domain saya sudah dimiliki orang lain.

 

Admin Rumahweb juga memberikan link, yang menunjukkan domain saya ada disebuah web dan dijual. Harga yang mereka patok adalah $688 atau Rp 9.779.018 (Kurs !4.213). Wah, itu sih mahal bangey ya, jadi saya putusin dengan cepat buat mengikhlaskan domain ayaocha.com tersebut.

 


Karena saya harus membuat domain baru, saya juga sekalian melakukan perencanaan blog, salah satunya adalah rebranding. Saya ingin menunjukkan diri saya, ketertarikan, kepedulian, dan kualitas saya melalui domain blog, sehingga jadilah domain blog ini beyourfein.com. Cerita lebih detil mengenai domain bisa teman-teman baca di halaman About Me saya ya.


Ternyata ganti domain ngga seberat yang saya pikir. Saya bahkan merasa sudah menunjukkan perubahan saya yang lebih baik, hanya dengan melalui domain. Mungkin kerasa agak ribetnya karena harus ganti semua link yang ada di blog ya, tapi menurut saya itu ngga seberapa sih.

 

Oiya, meskipun saya pakai domain baru, domain lama tetap tercantum di akun Rumahweb, dan kita perlu email secara mandiri meminta penghapusan domain dengan kirim email ke billing@rumahweb.com. Ketika saya coba, prosesnya cukup cepat. Dari proses konfirmasi dan penghapusan di akun, semua ngga memakan waktu lebih dari 10 menit.

Ini sewaktu ngajuin permohonan penghapusan domain jam 12.50

Nah 6 menit kemudian, domain saya sudah dihapus. Begitu juga ketika saya cek di akun saya.

 

Nah buat teman-teman yang mungkin juga mengalami, bisa coba untuk menghubungi admin nya, barangkali domainnya masih bisa diaktifkan kembali. Tapi kalau sudah ngga bisa, salah satu opsinya adalah mengganti domain. Mengganti domain bisa juga lho jadi kesempatan buat meningkatkan kualitas diri. Tetap semangat, jalan kita masih terbuka dan panjang.

1 comment for "Sharing : Apakah Bisa Mengaktifkan Kembali Domain Yang Sudah Expired?"

  1. sama seperti kasusku dulu mbak, ketar ketir juga kalau alamat domain nggak bisa dipake lagi

    ReplyDelete

Good day everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)