Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Blog Planner

 


Jadi, ini ceritanya saya baru ngeh kalo ternyata saya itu keteteran bikin blog post. Untuk 1 blog post, saya kudu nunggu inspirasi dulu, kalo inspirasi udah muncul, baru deh research referensi, nulis draft, sama nyiapin desainnya. Nah karna buat tiap 1 post aja kaya gini, persiapan buat bikin blog post memang jadi lama dan makan waktu.
 
Akhirnya saya inisiatif buat bikin content planner, niatnya supaya konten blog post bisa saya siapin sekalian semua, sekalian researchnya, sekalian bikin ide pokok tiap post, dan sekalian bikin desainnya.
 

Apa Itu Blog Planner

Blog Planner adalah perencanaan blog, biasanya dalam 1 tahun (ada juga yang bulanan). Blog Planner berisi semua perencanaan, misalnya konten yang mau dibuat, target yang mau dicapai, timeline, dll. Blog Planner sangat membantu blogger buat menyusun rencana, sekaligus bisa meminimalisir terjadinya ide mentok hehe.
 

Manfaat Membuat Blog Planner  

Dengan bikin Blog Planner:

1. Blogger bisa merencanakan konten supaya lebih teratur dan terarah. 
2. Blogger juga jadi ada waktu buat bikin konten yang sesuai sama niche blog. 
3. Blog Planner bikin kita jadi lebih efisien waktu karena penyiapan konten dilakukan di satu waktu.
 

Blog Planner Yang Sudah Saya Buat

Ini Blog Planner yang saya buat untuk tahun 2022. Semua saya bikin manual, tapi  untuk kalendernya saya terinspirasi dari template Calendars di Microsoft Excel, saya buat kalender versi saya, jadi deh.
 
Ada banyak template blog planner atau content planner yang dibagiin blogger, tapi saya pribadi pengen blog planner yang sesuai sama keinginan saya, makanya saya bikinlah sendiri blog planner saya. Isinya ngga terlalu yang ribet, yang penting memudahkan saya.

Blog planner saya terdiri dari:

1. Target dan Garis Besar Cara Mencapai Target

2. Before-After post.
Biar inget sebelum dan sesudah post harus ngapain aja.

3. List Rencana Konten
Termasuk informasi momen tertentu, bulan posting, kategori, ide besarnya, gambar yang dibutuhin untuk setiap ide, dan status rencana konten. List ini buat ngarahin saya dalam proses bikin blog post nya.

4. Calendar & Timeline
Timeline yang saya susun dalam kalender, jadi saya bisa liat secara jelas apa aja yang harus saya kerjain dan kapan aja.

Blog planner ini saya bikin dan saya isi sesuai sama kebutuhan saya. Pokoknya waktu bikin, niat saya emang bikin planner yang memudahkan saya, ngga peduli mau beda atau gimana sama orang lain, yang penting urusan blog ini saya ngga bingung.
 
Membuat Blog Planner
contoh list rencana konten saya

Membuat Blog Planner
contoh format calender plan saya

~~~

Nah, semoga post ini bisa ngasih sedikit manfaat yaa buat yang baca dam semoga kegiatan bloggingnya dimudahkan dengan adanya Blog Planner yang kita buat.



Post a Comment for "Membuat Blog Planner"