Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pekerjaan Rumah Tangga Yang Tidak Disukai

 

 

Pekerjaan Rumah Tangga Yang Tidak Disukai

Dulu tahun 2018 saya pernah ikut 30-day Blog Challenge dari Blogger Perempuan Network dan salah satu topiknya adalah pekerjaan rumah tangga yang disukai. Disitu saya tulis pekerjaan rumah tangga yang saya suka yaitu beres-beres barang, nyapu sama ngepel.
 
Baca: Pekerjaan Rumah Tangga Yang Disukai

Terus, tiba-tiba kepikiran aja gitu pengen nulis kebalikannya, yaitu pekerjaan rumah tangga yang tidak disukai. Pekerjaan rumah tangga itu bikin capek, apalagi karna dilakuin setiap hari (atau kadang dua hari sekali), tapi pasti ada kerjaan yang enjoy dilakuin dan ada juga yang maless banget dilakuin.
 
Kalo ditanya kenapa ngga suka, bingung asli mau jawab apa, pokoknya ngga suka dan bikin males ngerjain. Tapi, meskipun ngga suka, kerjaan-kerjaan ini tetep saya lakuin, soalnya kaitannya sama kebutuhan sehari-hari juga. Cuma ya gitu, suka nunda ngerjainnya.
 

Pekerjaan Rumah Tangga Yang Tidak Disukai:

 
1.       Mencuci Piring
Cuci piring jadi pekerjaan yang ngga suka saya kerjain karna kebawa efek habis masak. Jadi awalnya masak, nah masak itu kan peralatannya lumayan ya, udah capek masak sama beresin kekacauan masak, lanjut lagi cuci piring. Nah pas posisi cuci piring itu udah posisi capek bener karna sebelumnya udah ada 2 aktifitas yang agak berat juga.
 
Tapi entah kenapa, makin kesini, masak atau ngga, capek atau ngga, ada kerjaan atau ngga, saya jadi males banget nyuci piring. Kalo udah habis, baru deh cuci semua piringnya.
 
2.       Mencuci + Menjemur Baju
Saya jarang pake mesin cuci, jadi nyuci baju sering pake tangan. Saya capek banget cuci baju pake tangan soalnya pakaiannya banyak, kudu diangkat-angkat, dipindah-pindah waktu bilas sabun, mana pakaian saya kan banyak yang gamis panjang haha.
 
Saya juga males jemur baju soalnya jenis pakaiannya banyak. Dua hari ngga cuci baju aja, baju saya udah lumayan numpuk, apalagi seminggu, duh ngga bisa deh, jadi saya cuci baju nya seminggu dua kali. Masalahnya, kalo tiap 2 hari nyuci, saya juga capek haha.
 
3.       Menyetrika Baju
Saya ngga suka nyetrika baju soalnya saya orangnya rada perfeksionis, nyetrika baju harus kinclong licin haluss, kalo belum halus ya disetrika lagi. Duh kebayang dong yaa dengan baju saya yang tiap sekali nyuci aja udah banyak dan banyak baju gamisnya. Pegel jadinya karna kelamaan nyetrika demi pakaian halus paripurna. Selain itu, hawa nya kalo nyetrika tuh panas gerah, pake kipas ngga mempan hawanya tetep panas. Saya anti panas-panasan gaes.
 

Cara Saya Agar Memudahkan Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga Yang Tidak Saya Sukai

 
1.      
Miliki Barang Secukupnya
Saya ngga nyimpen barang terlalu banyak, secukupnya aja. Misal, untuk piring saya cuma punya 3, jadi nanti habis pakai piring, saya harus segera cuci supaya bisa dipake lagi. Atau misal, pakaian rumah saya cuma simpen maksimal 7, jadi nanti sebelum seminggu saya harus segera cuci pakaian rumah. Intinya trik ini supaya saya ngga nunda kerjaan karna semakin banyak barang yang saya punya semakin males ngebersihin.
 
2.       Mengurangi Pemakaian Piring Berbahan Dasar Plastik
Saya juga mengurangi penggunaan piring berbahan dasar plastik, saya lebih ke kaca atau keramik, soalnya memudahkan dan mempercepat nyuci terutama kalau ngebersihin bekas minyak. Semakin cepet nyuci piring, semakin saya mengurangi kebiasaan nunda dan mengurangi malesnya.
 
3.       Mencari Kain Yang Halus dan Tidak Mudah Lecek
Saya ngga hapal jenis-jenis kain, tapi intinya ada kain-kain yang ngga keliatan lecek setelah dicuci, apalagi kalo nyucinya pake tangan. Saya punya beberapa baju kerja yang bahannya kaya gitu, jadi beban nyetrika berkurang karna baju kerja yang dipake tiap minggu itu ngga perlu disetrika, tinggal dilipat aja habis dijemur.
 
4.       Menggunakan Deterjen Yang Lebih Sedikit Busa
Saya kalo nyuci selalu pakai deterjen cair yang busanya lebih sedikit dibanding deterjen bubuk. Kalo busa banyak, bilas bajunya juga harus lebih banyak.
 
Baju-baju saya jarang kena noda dan kalo kena pun selalu langsung saya cuci pake sabun batang yang juaraa banget buat bersihin noda. Pake deterjen cair itu proses nyucinya jadi lebih cepet karna busa nya lebih sedikit.
 
Oiya, wanginya juga ngga sekuat deterjen bubuk lho, jadi ngga perlu pewangi pakaian buat ngilangin aroma deterjennya.
 
5.       Sesekali Laundry Pakaian
Ini yang paling gampang, kalo lagi capek, sesekali saya laudry pakaian. 3 kerjaan langsung ringkas begitu pake laundry: cuci baju, jemur, nyetrika. Baju halus nan wangi. Gampang kann.
 
~~~
 
Nah, itu tadi 3 pekerjaan rumah tangga yang ngga saya suka, barangkali ada yang relate yakann dan semoga post ini bisa sedikit menghibur ya haha. Salah satu hal yang selalu saya inget, kalau saya ngga suka melakukan sesuatu tapi harus dilakuin, saya ngebiasain buat mengurangi hal-hal yang membuat berat, sebisa mungkin saya cari faktor lain yang bisa mempermudah kerjaan saya jadi kalo saya males atau nunda kerjaan, saya ngga bakal kebablasan.

Post a Comment for "Pekerjaan Rumah Tangga Yang Tidak Disukai"