Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update About My Journal

 

 
Udah berapa bulan ya ini sejak terakhir kali saya nulis tentang journaling? Kayanya sekitar 2 atau 3 bulan yang lalu deh. Jadi awal tahun kemarin saya sempet nulis tentang kumpulan jurnal yang saya pake, lebih tepatnya mulai tahun 2022 mau fokusin diri buat journaling.
 
 
Jadi sebelumnya saya pernah sharing kenapa akhirnya saya mustusin buat fokus memulai jurnal khusus, padahal sebelumnya saya ngga kenal sama yang namanya journaling, bahkan baru tau namanya aja yaa sebelum mulai journaling nya itu.
 
Saya mutusin buat nulis jurnal karna saya butuh, saya perlu sesuatu yang bisa membantu dan memudahkan saya untuk rapi. Akhirnya kepikiran lah buat nulis kebutuhan apapun di buku seadanya, ternyata pas nyari tau tentang kegiatan nulis itu saya nemuin deh istilah journaling.
 
Sekarang setelah beberapa bulan, saya mau liat nih, masih konsisten nulis jurnal ga yaah haha.
 
1.       Daily Journal
Salah satu jurnal yang lumayan sering kepake, saya isi dengan aktivitas harian yang mau saya selesein, semua saya tulis disini. Ngga saya isi tiap hari sih, malah pernah sebulan sekali haha soalnya ada hari-hari tertentu yang saya bisa inget dan bisa saya manage di kepala. Kalau lagi capek mikir, baru dehh saya tulis aktivitasnya di jurnal ini biar ngga lupa.
 
2.       Meal Plan dan Budgeting Journal
Ini jurnal lain yang juga masih dipake, bahkan ini yang paling sering dipake. Jurnal ini saya pake buat nulis jadwal masak atau menu makan dalam 3 atau 4 hari, plus list belanja dan budget nya. Biasanya saya pake minimal seminggu sekali, apalagi pas Ramadhan, rutin banget saya pake buat bikin menu sahur sekaligus buka puasa.
 
3.       Blog Journal
Pernah dipake sekitar dua kali terus akhirnya berhenti haha. Awalnya saya merasa perlu nulis di jurnal sebelum akhirnya diposting di blog, tapi ternyata setelah proses nulis dan masuk proses ngetik blog post, banyak isi nya yang berubah, yang awalnya udah fiks pas ditulis malah jadi berubah pas diketik. Habis itu saya belajar fokus, ngebiasain ngetik langsung di laptop, akhirnya tidak terpakailah jurnal ini haha.
 
4.       Study Journal: Resume Buku dan Webinar
Jurnal ini dipake buat nulis poin-poin penting buku yang saya baca, tujuannya biar ngga lupa isi buku. Saya nulis karna saya cenderung gampang lupa isi buku dan salah satu cara biar ngga lupa adalah dengan nulis.
 
Awalnya jurnal ini kepake, buku pertama yang saya catet judulnya You Do You, tapi kok ternyata sebagian besar isinya bagus-bagus, terus ternyata tanpa sadar udah nulis banyaaak banget, udah mencong dari niat awal yang cuma mau nulis poin-poin aja haha. Akhirnya saya stop dulu deh nulisnya.
 
5.       Study Journal: Memorizing
Niat hanyalah niat tanpa ada usaha. Jurnal ini awalnya saya pake buat bantu ngapalin kosakata Bahasa Inggris, rencananya tiap hari saya nulis kosakata di jurnal ini terus saya hapalin. Tapi ternyata ribet juga gaes. Saya juga nemu aplikasi sama akun Instagram yang tiap hari share kosakata Bahasa Inggris, akhirnya sekarang saya skip nulis di jurnal ini dan beralih ke Instagram.
 
6.       Study Journal: Kelas Karir
Jurnal ini saya pake buat nulis materi dari Kelas Karir yang saya ikutin selama tahun 2022 ini. Sejauh ini jurnal nya belum saya pake, saya nulisnya masih di buku lain soalnya tulisannya kaya ceker ayam, ngga rapi banget, nanti pelan-pelan mau saya tulis ulang di jurnal ini, sekalian saya recall materi yang udah pernah dibahas di kelas.
 
7.       Food and Cooking
Jurnal ini isinya resep masakan kesukaan dan catetan tentang makanan lainnya misal makanan yang enak dimakan kalo saya lagi sakit. Jurnal ini masih saya pake, seringnya sih buat liat resep. Selain itu, jarang banget saya isi soalnya belum nemu resep simple yang saya suka.
 
Mungkin saya harus nyoba-nyoba resep juga nih, kan bosen juga yak kalo makannya itu-itu aja haha.
 
8.       Personal Journal
Ini diary, dan akhirnya engga pake, sebenernya banyak banget isi pikiran di kepala tapi saya ngerasa diary itu sangat personal dan kalo nulis diary saya takut tulisan saya dibaca orang. Apalagi saya tipe yang kalo curhat tuh kudu sebut nama tempat waktu dll.
 
Awalnya diary ini dipake buat nyeritain kegiatan harian, buat nulis sekaligus tempat buat belajar ngelola emosi, tapi susah bangettt, saya mah butuhnya tetep curhat haha.
 
Akhirnya sekarang saya kalo mau nulis diary saya catet di aplikasi diary, atau kadang di note aja, habis curhat tulisannya saya baca ulang dan saya biarin beberapa hari, habis itu saya hapus.
 
~~~
 
Jadi dari 8 jurnal yang saya rencanain mau pake di tahun 2022, ternyata sebagian udah ngga kepake kaya blog, memorizing, sama diary. Sebagian belum mulai dipake ada resume buku, kelas karir, sama food and cooking, dan yang rutin dipake adalah daily journal dan meal plan and budgeting.

Ternyata saya ngga konsisten ya haha, yasudah, lagipula niat awal saya journaling adalah buat memudahkan saya, jadi kalo rasanya saya ngga butuh atau journaling bikin susah, yaa saya berhenti aja, buat apa memaksakan sesuatu yang bikin susah diri haha.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, semoga sharingnya bermanfaat yaa.

Post a Comment for "Update About My Journal"