Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Investasi Kecil dalam Blogging

Pentingnya melakukan investasi dalam blogging

Ini udah, sekitar 11 tahun kalo ngga salah, sejak saya mulai blogging. Dari yang pake domain gratis blogspot.com sampe akhirnya beli domain sendiri. Dari yang isinya link download film sama subtitle, sampe jadi blog yang isinya tulisan sendiri.
 
Sempet beberapa kali ngga ngurus blog sama sekali karna udah kecapekan sama kerjaan, tapi akhirnya tetep aja balik lagi ngurusin blog. Beberapa kali juga saya bolak-balik ngerapiin tulisan, rebranding blog, dll.


Saya ngga pernah masang adsense di blog ini, ngga pernah dapet penghasilan juga, saya murni cuma pengen nulis aja semua hal yang saya suka yang mau saya tulis.
 
Meskipun gitu, karna sebelumnya saya suka blogwalking ke blog lain, saya jadi tau, ohh biar bagus blog nya tuh diginiin sama digituin loh. Meskipun blog ini ngga saya pakai sebagai tempat cari penghasilan, saya tau blog ini tetep harus rapi. Demi mencapai rapinya itu, akhirnya saya ambil dua keputusan.
 
1.       Beli Domain
Buat apa beli domain?

Ternyata bukan sekedar buat bagus-bagusan tapi supaya orang lain bisa mengakses blog kita dengan lebih mudah alias mempermudah akses melalui nama web yang lebih unik dan ringkas.
 
Ada banyak penyedia domain contohnya rumahweb, niagahoster, hostinger, dewaweb, dll. Kalo searching pake keyword “penyedia domain” di google, pasti muncul banyak banget rekomendasi.
 
Saya sendiri beli domain di rumahweb, dapet saran dari beberapa blogger waktu itu, dua kali beli disana, ngga ada kendala sama sekali dan cs nya ramah.
 
Domain pertama yang saya beli ayaocha.com, tapi lupa perpanjang dan akhirnya expired, udah dibantu cek sama cs ternyata domainnya ngga bisa dibeli lagi karna ada pihak luar yang ngejual domain saya.
 
Akhirnya saya beli baru domain yang sekarang, dan sama sekali ngga ada masalah. Domain ini juga udah saya pertimbangin, soalnya ngepas mau sekalian rebranding blog. Setelah ganti jadi domain beyourfein.com, saya malah jadi lebih seneng ngeblog, soalnya nama domainnya bagus.

Pentingnya melakukan investasi kecil dalam blogging seperti membeli domain dan template premium.
Ini contoh beberapa pilihan domain yang tersedia di rumahweb, tadi saya coba cek

2.       Beli Template Premium
Dulu saya pake template gratis dari beautytemplate, sebenernya berbayar tapi ada yang free, templatenya simple tapi manis, pilihan template banyak, panduan jelas, yang berbayar harganya lumayan mahal.
 
Selama pake template itu, saya beberapa kali ada kendala atur setting tampilan, loading juga agak berat. Meskipun tampilan templatenya ucul, tapi yaa gitu kalo ada problem mulu kan jadi sebel yak.
 
Berhubung kapan hari juga rebranding, saya jadi sekalian saya beli template premium di sugeng.id, semua template disana berbayar tapi harganya masih bisa dijangkau, templatenya minimalis, cakep, panduannya jelas, dapet update terus, dan 6 bulan pertama dapet support prioritas. Sayangnya cuma ada beberapa pilihan template.
 
Pake template dari sugeng.id enak banget, gampang settingnya, tampilannya juga simple, loading page lebih cepet dan enteng, itu yang paling penting sih, karna blog yang responsif itu salah satu kunci pembaca betah di blog kita. Pokoknya feelnya beda dibanding pake template gratis.
 
Pentingnya melakukan investasi kecil dalam blogging seperti membeli domain dan template premium.
beberapa contoh template di sugeng.id
kalo saya sendiri pake yang viomagz
 
Semua kembali ke pilihan masing-masing, kalau cukup sama template gratis, ya ga apa-apa, kalo perlu yang premium yaa juga ga apa-apa. Kalo saya, dibilang butuh premium juga ngga, cuma saya nih suka bete kalo loading blog lama, makanya saya beli template premium.
 
~~~
 
Gitu, jadi 2 keputusan tadi, yaitu beli domain sama beli template premium, saya anggep sebagai investasi kecil saya dalam blogging, karna dengan mengeluarkan uang, hasil yang saya dapetin adalah blog yang rapi dan responsif, dan ini memuaskan jiwa-jiwa rada perfeksionis saya. Apalagi semenjak pake template premium dan beli domain, blognya udah ngga ada kendala, jadi saya cuma tinggal fokus ngurus tulisan aja.

Semoga tulisan ini bermanfaat :)

Post a Comment for "Investasi Kecil dalam Blogging"