Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Langganan Gramedia Digital Premium

Pengalaman Langganan Gramedia Digital PremiumPengalaman Langganan Gramedia Digital Premium

Saya tipe yang males beli buku fisik, soalnya males numpuk-numpuk buku nantinya. Males juga kalo beli buku, biasanya ada wrap plastiknya, jadi numpuk sampah.
 
Kebetulan saya baru mulai lagi baca buku dan entah kenapa rasanya sayaaang banget misal beli buku fisik trus ternyata kurang suka bukunya, kan jadinya numpuk doang. Jadi sekalian, karna males beli buku fisik dan takut ngga suka bukunya, saya nyoba beralih ke buku digital.
 
Salah satu pilihan tempat buat baca buku digital adalah Gramedia Digital. Postingan ini bakal saya isi tentang gimana pengalaman saya baca buku di Gramedia Digital.
 
Apa itu Gramedia Digital?
Gramedia Digital adalah toko buku yang menyediakan buku digital, koran digital, dan majalah digital. Gramedia Digital dapat diakses melalui ebooks.gramedia.com dan aplikasi Gramedia Digital yang tersedia di Play Store dan App Store, tapi untuk baca buku digital cuma bisa dilakukan melalui aplikasi.

Yang saya suka dari Gramedia Digital adalah, kita ngga harus beli buku satu-satu, tapi bisa berlangganan dan kita bakalan dapet akses baca ribuan buku di sana. Selama kita berlangganan, kita bisa download dan baca banyak buku, begitu selesai baca, tinggal dikembalikan. Ngga perlu numpuk buku deh.


Pengalaman Langganan Gramedia Digital Premium

Harga Berlangganan
-  Kids Premium Package Rp45.000 – khusus koleksi anak-anak
-  Fiction Premium Package Rp45.000 – khusus koleksi fiksi saja
-  Non Fiction Premium Package Rp45.000 – khusus koleksi nonfiksi saja
-  Full Premium Package 1 month Rp89.000 – mendapatkan akses pada ribuan koleksi fiksi dan nonfiksi
-  Full Premium Package 1 year Rp1.199.000 – mendapatkan akses pada ribuan koleksi fiksi dan nonfiksi selama satu tahun
 
Pengalaman Pakai Gramedia Digital
Saya selalu langganan full premium, karna saya bisa dapet akses ke hampir semua koleksi misal novel, buku nonfiksi, majalah bobo. Dengan hanya ngeluarin uang Rp89.000, saya udah bisa baca banyaak buku.
 
Bandingin kalo saya beli buku satuan, dalam satu bulan kalo saya baca misalnya 4 buku yang masing2 harganya semisal minimal Rp50.000 (tapi kebanyakan buku inceran saya selalu diatas Rp80.000), berarti dalam satu bulan saya ngabisin Rp200.000 buat beli 4 buku tadi. Lebih irit langganan kan, cuma Rp89.000.
 
Lebih lanjut tentang pengalaman saya langganan Gramedia Digital saya tulis di sini ya

-  Hampir semua buku bisa didownload, buku yang udah di download bakal kesimpen di device (untuk buku yang dibeli satuan, kesimpen di tab "cloud", bisa diakses lewat device manapun)
Pengalaman Langganan Gramedia Digital Premium
Buku-buku yang saya mau baca, saya download dan ada di sini

Pengalaman Langganan Gramedia Digital Premium
Majalah yang saya beli satuan selalu ada di sini, kalau di download nanti muncul di tab "device"

-  Kebanyakan buku formatnya PDF, masih bisa dibawa enjoy tapi buat beberapa orang mungkin agak kurang nyaman dengan format PDF karna font ngga bisa diubah

-  Sejauh ini meskipun baca di tablet yang layarnya lebih lebar, font buku digital rata-rata memang agak kecil, jadi harus sedikit di zoom in

-  Oh, ada fitur tampilan mode biasa, mode baca, sama mode malam. Saya biasanya pake mode baca, jadi pas baca lebih nyaman di mata

-  Gramedia Digital memproteksi isi karya, dengan cara ngga bisa screenshot isi buku, kalo screenshot isi buku lebih dari 5 kali, akun akan dibanned (kalo gasalah katanya soft banned)

-  Ngga semua buku bisa dibaca, ada buku-buku tertentu yang tetap harus dibeli satuan (biasanya buku terjemahan atau buku luar berbahasa Inggris)

-  Ada majalah bobo hihi, setiap minggu saya rutin baca majalah bobo yang terbaru, kadang juga baca edisi lama karna ada banyaaak banget

-  Kalo langganan habis, otomatis kita kehilangan akses ke buku (yang sudah di download juga hilang)

-  Di Gramedia Digital ada rekomendasi dan pilihan editor (kalo bingung mau baca apa)

Pengalaman Langganan Gramedia Digital Premium
kalo bingung mau baca apa, bisa cek sini, semua bisa dibaca

-  Juga bisa cari langsung atau pake filter berdasarkan: nama penulis, bahasa, harga, publisher, dan kategori/genre

-  Buku yang didownload cuma ada di device tersebut, ngga akan muncul di akun di device yang berbeda
 
Kelebihan Gramedia Digital
-  Praktis dan simpel
-  Murah dan sering ada diskon, bahkan sampe 50% buat semua jenis paket, lumayan kan misal langganan full premium satu tahun harganya bisa turun jadi Rp600.000 (harga awal Rp1.199.000)
-  Puluhan ribu koleksi yang bisa dibaca: buku, novel, komik, koran, majalah, dll
-  Bisa dipake di dua device
-  Kalo cancel paket, masa premium ngga langsung terputus tapi masih sampe tanggal akhir sesuai masa berlangganan (misal langganan tanggal 1, cancel premium tanggal 15, masa premium masih akan berlaku sampe tanggal 1)
 
Kekurangan Gramedia Digital
-  Format file kebanyakan PDF
-  Ngga bisa highlight atau fitur buat quote, jarang bisa pilih halaman dan bab
-  Ngga ada notifikasi akses berlangganan hampir habis -> tapi bisa auto perpanjang, kecuali dimatikan/cancel premium
-  Font buku rata-rata kecil/sedang, ribet kalo harus sering zoom in zoom out

Memang tiap hal itu ada kelebihan dan ada kekurangannya, ngga ada yang sempurna di dunia ini, termasuk Gramedia Digital. Tinggal gimana kitanya aja yang bisa nyaman atau ngga dan gimana kita manfaatin dan kemudahan yang udah ditawarin sama Gramedia Digital.
 
~~~
 
Sejauh ini saya cukup nyaman baca di Gramedia Digital, karna saya bisa baca banyak buku cuma dengan 1 device, dengan harga yang terjangkau. Mata saya juga masih bisa nyaman baca di tablet karna saya pakai kaca mata antiradiasi, jadi bikin mata ngga sakit.

Sekarang saya ngga tiap bulan langganan Gramedia Digital karna ada ebook yang ngga tersedia di sana dan adanya di perpus online. Saya juga punya beberapa buku fisik yang mau saya selesein.
 
Besok kalau buku fisik udah abis saya baca semua, saya bakalan balik lagi langganan Gramedia Digital, soalnya ada banyaaak banget buku yang bisa dibaca.
 
Nah, semoga bermanfaat dan bisa bantu temen-temen yang mungkin lagi pertimbangin langganan Gramedia Digital ya.

Post a Comment for "Pengalaman Langganan Gramedia Digital Premium"