Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau

Fungsi Goodreads untuk Book Lovers
 
Siapa yang selama ini ngira Goodreads itu sekedar aplikasi review dan rating buku? Adalah sayaa.
 
Haha iya dari jaman dulu udah tau Goodreads, kalo ngetik judul buku di google, yang keluar pasti review sama rating buku. Ternyata Goodreads lebih dari itu.
 
Akhir tahun lalu saya akhirnya buka lagi akun Goodreads saya, gatau kenapa saya liat-liat aja aplikasinya kaya apa, ehh ternyata aplikasinya bagus bener euyy. Malah sampe dibilang, Goodreads adalah media sosialnya book lovers.
 
Postingan ini saya tulis buat ngenalin ke temen-temen, apa itu Goodreads dan fungsinya, jadi yang dari dulu udah punya akunnya, sekarang bisa pake dengan maksimal.
 
Apa itu Goodreads
Goodreads adalah website yang dikhususkan untuk buku, biasanya dipakai buat merekam kegiatan membaca, memberikan ulasan mengenai buku, mencari rekomendasi buku, dll. Dulu banyak banget yang ngira kalau di Goodreads bisa baca buku, padahal ngga gaes.

Fitur Shelf -> Rak Buku
Di Goodreads, ada fitur Rak Buku. Kayak rak buku fisik, kita bisa masukin buku-buku favorit kita di rak buku Goodreads. Ada rak buku yang secara default udah tersedia ketika kita bikin akun Goodreads dan ngga bisa dihapus dari akun kita, yaitu:
·      Want to Read -> bisa diisi dengan buku yang pengen dibaca
·      Currently Reading -> berisi buku-buku yang sekarang lagi kita baca
·      Read -> berisi buku yang sudah selesai dibaca
Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau
Rak default yang tersedia
Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau
Rak lain yang saya buat sendiri, klik 'create a new tag or shelf'

Selain 3 rak di atas, kita juga bisa bikin rak kita sendiri dengan nama yang kita tentuin sendiri juga. Contoh di akun saya, saya bikin 3 rak baru, buat ngebedain buku apa aja yang saya selesein di masing-masing tahun 2021, 2022, sama 2023. Rak-rak yang kita bikin sendiri ini juga bisa kita edit dan kita hapus.
 
Rak Want to Read
Rak ini fungsinya buat nyatet dream list buku atau buku yang mau dibaca. Kalo ada buku di rak ini yang udah masuk fase ‘sedang dibaca’, bukunya bisa kita pindahin ke rak ‘Currently Reading’
Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau
Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau
kalo bukunya sudah masuk fase 'sedang dibaca', bukunya tinggal dipindah ke rak lain, caranya klik 'want to read' trus tinggal pilih 'reading' deh

Rak Currently Reading
Rak ini fungsinya buat nyatet buku yang sekarang lagi dibaca, jadi biasanya isi rak buku ini cuma beberapa aja. Kita juga bisa update sampe halaman berapa kita baca buku hari ini. Update halaman ini cuma bisa dilakuin di rak ‘Currently Reading’ aja.
Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau
kalau mau update halaman, klik bukunya, trus klik 'update your progress'
Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau
di sini tinggal isi aja, update nya udah sampe halaman berapa
 
Kalo udah sampe halaman terakhir dan selesei baca, jangan lupa klik ‘finished?’, terus kasih rating dan tulis review kamu tentang bukunya yaa.
 
Rak Read
Buku yang sebelumnya selesei dibaca dan udah klik ‘finished?’, akan otomatis masuk ke rak ‘Read’ ya. Nantinya kalo mau dipindah ke rak lain juga bisa. Misal kaya punya saya, setelah selesei dan masuk ke rak ‘Read’, biasanya buku langsung saya pindah ke rak buku ‘2023’, supaya saya tau buku-buku apa aja yang saya selesein di tahun 2023.

Kalo lihat daftar buku yang udah dibaca dan masuk di rak ‘Read’ atau rak custom kita sendiri, nanti akan muncul data: kapan buku mulai dan selesai dibaca. Tapi, kalo bacanya tahun lalu, data kapan mulai dan selesei nya ngga muncul di buku.
Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau
keliatan yaa data kapan mulai dan selesei baca, inget, harus klik 'finished?' dulu baru rating & review, jangan kebalik, supaya data ini muncul. Kalo kebalik datanya ngga akan muncul
 
Rating dan Review
Setelah selesei baca buku, kita bisa kasih rating dan bisa nulis review tentang bukunya. Di kolom review juga ada fitur buat ngasih tanda apakah isi review kita ada spoilernya apa ngga. Kalo ada, tinggal klik ‘my review has spoilers’ di bawah kolom isian review, nanti hasilnya, isi review kita ngga akan langsung keliatan secara langsung sama orang lain, tapi harus klik dulu baru isi reviewnya bisa dibaca.
Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau
ngga wajib isi rating & review sih sebenernya, oiyaa kalo mau bikin review dan isinya ada spoiler, bisa klik 'my review has spoilers'

Selain itu, di sini kita juga bisa like dan komen di review orang lain lho, jadi kita bisa diskusi tentang isi bukunya dan bisa dapet pov dari orang lain.
 
Reading Challenge
Di Goodreads kita juga bisa bikin target baca buku selama tahun berjalan, namanya Reading Challenge. Setiap buku yang selesei kita baca tahun berjalan secara otomatis bakalan terhitung dan list bukunya muncul di Reading Challenge.
Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau
 
Oiya, target Reading Challenge dan jumlah buku yang udah berhasil dibaca juga muncul di atas rak-rak buku kita lho.
 
Timeline
Sebagaimana media sosial lainnya yang punya timeline, Goodreads juga punya. Timeline Goodreads biasanya berisi aktivitas baca teman-teman kita atau orang yang kita follow: update buku yang lagi mereka baca, rating dan review mereka pada buku, komentar atau like mereka pada komentar lain, pertemanan mereka, buku yang mau mereka baca, dll. Btw, informasi buku yang lagi temen kita baca bisa jadi inspirasi misal kita lagi ngga tau mau baca buku apa.
Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau
Nah, ini timeline saya

~~~
 
Jadi begitulah informasi singkat tentang fungsi media sosial Goodreads. Sebenernya ada beberapa lagi fitur di situ kaya fitur scan barcode buku, giveaway, groups, tapi karna saya ngga pernah pake jadi saya ngga tau gimana mau jelasinnya.
 
Tulisan ini saya bikin tujuannya biar temen-temen yang belum tau Goodreads bisa jadi tau dan kenal, sekaligus bisa manfaatin Goodreads buat ningkatin minat baca kita. Kan keren yaaa buku-buku bacaan kita semua ada catatannya.
 
Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tau"