Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Resolusi 2022 Saya Tercapai?

Mencari Tahu Apakah Resolusi Diri Tahun 2022 Saya Tercapai

Awal tahun 2022 kemarin saya sempet bikin resolusi yang fokusnya buat membenahi diri saya, pengembangan diri, buat belajar dan cari ilmu. Resolusi itu juga saya pakai supaya tahun 2022 saya lebih terarah, karna beberapa tahun ke belakang saya terlalu fokus buat nyelesein kerjaan kantor saya yang seabrek.
 
Ditengah keriweuhan kerjaan, saya nyoba nyisihin waktu buat ngelakuin hal-hal lain selain kerja. Susah sih, soalnya kerjaan beneran numpuk dan biasanya sisa waktunya saya pake buat istirahat. Tapi bukan berarti saya kalah dan nyerah gitu aja, susah tapi tetep berusaha.
 
Di postingan ini, saya mau nulis apakah resolusi 2022 saya kemarin tercapai, apa yang ngga tercapai, dan kenapa
 
Ini Resolusi 2022 saya.
 
1. Journaling
Journaling secara rutin jadi salah satu fokus saya buat membenahi diri, lebih spesifiknya saya pengen jadi orang yang lebih terorganisir.
 
Seperti yang saya tulis di resolusi 2022, ngga ada target khusus buat jurnal, kecuali study journal. Ngga ada target khusus karna saya nulis jurnal berdasarkan kebutuhan, yang penting saya misah-misahin setiap jurnal supaya saya juga mudah kalo berkegiatan.
 
Untuk study journal saya targetin selesei di Desember 2022, sesuai dengan selesainya kelas pengembangan diri yang saya ikutin. Alhamdulillah jurnalnya keisi. Tapi mungkin saya perlu ngerapihin jurnalnya, soalnya isinya cakaran, kan ngga enak juga dibacanya.
 
Sampai akhir tahun 2022, saya masih rutin nulis di jurnal: daily, meal plan and budgeting, study, food and cooking, tambahan gratitude journal.
 
Jurnal yang ngga saya isi: blogging, memorizing, resume buku dan webinar, dan diary. Blog Journal akhirnya ngga saya isi lagi karna ternyata yang saya tulis ngga sesuai sama yang saya ketik, tetep ada banyak hal yang saya ubah, meskipun sebelumnya draft di blog journal udah fiks.
 
Jurnal lainnya ngga saya isi karna saya udah ngos-ngosan keep up sama kerjaan kantor, istirahat, kerjaan rumah, kelas pengembangan diri, dan jurnal lainnya. Capek pol ternyata kalo harus ngisi semuanya, jadi supaya saya ngga terlalu stress, terpaksa beberapa jurnal di atas saya cut. Dalam hati menjerit-jerit sih, soalnya maunya semua diisi. Dasar sok perfek saya nih.
 
 
2. Kelas Pengembangan Diri
Kelas yang berjalan selama tahun 2022, setiap sabtu dan minggu, durasi per hari total 4 jam, akhirnya selesei juga di Desember 2022. Kelas ini mencakup karir, parenting, keluarga, keuangan, dll. Lengkap, dan narasumbernya profesional semua.
 
Target utama saya adalah komitmen menyelesaikan kelas, dan jurnal. Alhamdulillah tercapai, meskipun di tengah kadang suka bolos karna ngurus kerjaan. Sebenernya ada rekaman tapi entah kenapa saya seringnya lupa dan pas inget akses nya udah keburu habis haha.
 
4 jam sehari keliatannya sebentar, tapi kalo dibarengin nulis jurnal ternyata lumayan pegel-pegel juga lho.
 
3. 1 BUKU 1 BULAN
Target awal di resolusi 2022 adalah 1 buku 1 bulan, plus nulis jurnal yang isinya poin penting buku.
 
Jujur aja, minat baca buku saya rendah banget beberapa tahun kemaren, makanya saya perlu mulai ulang komitmen saya untuk baca buku. Salah satu cara saya menjaga komitmen saya adalah dengan beli tablet khusus untuk baca buku.
 
 
Nah, untuk target 1 buku 1 bulan saya ngga punya catetannya, tapi kayaknya ngga 1 buku 1 bulan deh. Cuma yang jelas selama 2022 saya udah baca 23 buku, yang hampir semuanya saya baca lewat tablet buat baca buku.
 
Tapi, saya gagal nulis poin penting buku di jurnal, soalnya saya udah capek duluan haha, terlalu perfeksionis saya, maunya semua dijurnalin.
 
4. 2 Blogpost 1 Bulan + Blog Planner
Untuk resolusi ini, antara tercapai sama ngga tercapai sih. Bikin 2 blogpost dalam 1 bulan tercapai tapi cuma sampe sekitar bulan Juli. Lagi lagi, alesan saya adalah karna saya udah kecapekan sama semua hal di hidup saya selama tahun 2022: kerja, istirahat, kelas pengembangan karir, jurnal, dll.
 
Sebelumnya saya udah selesei bikin blog planner dan udah saya pake buat blog saya, tapi ternyata blog planner saya hilang gatau kemana. Saya udah bikin ulang dan isinya sebisa saya aja, tapi sayanya juga udah keburu capek sama hidup, jadi gatau kenapa ga semangat.
 
Padahal blog planner nya udah saya bikin detail kayak tema, timeline, kapan cari bahan, kapan nulis, deadline upload, dll.
 
5. #GraphicDesignProject
Saya baru inget ternyata saya mau belajar desain grafis haha. Pusing saya, kok ternyata saya nulis banyak banget yang mau saya lakuin. Sayangnya, sampe akhir tahun saya sama sekali ngga belajar desain grafis.
 
Tapi, untuk resolusi ini dari awal fokusnya adalah buat bikin banner blog post, pake canva atau adobe creative cloud express. Banner blog post ini sebagian udah saya ganti di blog, saya bikinnya pake canva soalnya websitenya lebih enteng dibanding adobe.
 
Sebagian banner blog belum saya ganti, pengennya nanti ganti sekalian pas ngerapihin isi blog. Soalnya, banner blog post yang udah diganti kemarin, isi blognya juga udah dirapihin.
 
---
 
Wah, sungguh 2022 yang tidak sesuai dengan plan awal tahun yang pengen produktif. Gapapa sih, karna buat sampe di titik menyadari kekurangan diri dan nyiapin rencana buat berkembang itu, hal yang luar biasa banget.
 
Meskipun akhirnya banyak bagian dari resolusi ini ngga tercapai, saya tetep bersyukur karna saya udah berusaha dan untuk sekarang memang segini kemampuan saya.
 
Yang lebih bikin bersyukur adalah sebagian resolusinya tercapai kok. Ngga sempurna emang, ada kurang-kurangnya, tapi paling ngga, saya punya tanggung jawab buat ngelakuin apa yang saya bisa lakuin. Apalagi ditengah-tengah tumpukan kerjaan yang super banyak, serius tahun 2022 adalah tahun tersibuk saya, Alhamdulillah saya tetep bisa nyempetin diri belajar.
 
Semoga postingan ini bermanfaat :)

Post a Comment for "Apakah Resolusi 2022 Saya Tercapai?"