Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

My Current Skincare Routine: Oily and Acne Prone Skin


Halo. Udah lama banget dari terakhir kali bikin postingan skincare routine, sekarang pengen bikin lagi soalnya sebagian skincare yang saya pake sekarang baru saya coba.
 
Jenis kulit saya adalah berminyak dan cenderung berjerawat. Sebagai pemilik kulit berminyak berjerawat, saya perlu berhati-hati dalam memilih skincare. Salah pilih skincare, kulit saya bukannya makin baik, malah bisa-bisa makin rusak.
 
Selama ini saya berusaha buat mengurangi bahan-bahan tertentu yang:
·  kurang baik buat kulit
·  berpotensi bikin kulit iritasi
·  bikin kulit kering
·  bikin kulit terlalu berminyak
jadi saya biasanya milih skincare yang kandungannya rendah iritasi, ringan teksturnya atau water-based, menghindari produk yang mengandung alkohol (drying alcohol), parfum, essential oil, dan beberapa lainnya. Dengan menghindari kandungan yang kurang baik, kulit akan terhindar dari minyak berlebih, jerawat, ataupun iritasi.
 
Tapi, meskipun udah nemu produk yang cocok, pasti ada saat-saat saya pengen coba skincare lain, karna yaa gimana sih, skincare lokal sekarang banyak dan bagus-bagus banget, sayang kalo dilewatin. Makanya saya masih coba-coba beberapa skincare, dengan catatan saya harus lebih merhatiin kandungannya supaya kulit saya ngga iritasi.
 
PRODUK SKINCARE ROUTINE SAYA SEKARANG
1.   Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash (Face Wash)
Skincare Routine untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Saya udah pake face wash ini dari jaman awal kuliah. Saya pake sehari dua atau tiga kali. Face wash nya ringan, ngga banyak busa, gampang dibilas, ngga bikin kulit kering karna mengandung sodium hyaluronate. Setelahnya, wajah saya jadi lembab dan ngga terasa kering.
 
 
Saya suka banget face wash ini, meskipun sempet beberapa kali nyoba face wash lain, akhirnya tetep yang dibeli face wash ini. Apalagi harganya murah dan tersedia dimana-mana.
 
2.   Lacoco Watermelon Glow Hydrating Toner (Toner)
Skincare Routine untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Baru pertama kali nyobain toner dari Lacoco. Biasanya saya pakai malam aja karna teksturnya agak kental kaya essence, tapi ringan. Warnanya bening. Tonernya gampang meresap dan ngga lengket di kulit (tapi kalo dibandingin sama toner tekstur air, tetep lebih cepet meresap tekstur air).
 
Setelah pakai toner ini, kulit rasanya lembab, kaya pake essence/serum. Selama beberapa bulan pake, kulit saya ngga ada iritasi, cocok-cocok aja. dan ngga bikin kulit makin berminyak.
 
3.   Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed (Daily Serum)
Skincare Routine untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Ini serum yang saya pake akhir-akhir ini. Tertarik karna ada alpha arbutin sebagai pencerah kulit dan grapeseed yang katanya bagus buat kulit berminyak.
 
Saya pake serum ini setiap malam, kecuali pas lagi jerawatan, pas lagi pake exfoliating toner, sama pas pake retinol. Teksturnya kental, warna bening, sedikit lama meresap di kulit.
 
Saya pake serum ini buat menghilangkan bekas jerawat di wajah, tapi makenya tetep semuka sih hehe. Buat bekas jerawat baru, biasanya udah keliatan pudar setelah sebulan atau dua bulan, tapi kalo bekas jerawat lama, item pula, itu lama banget sih ilangnya.
 
4.   Simple Hydrating Light Moisturizer (Moisturizer)
Skincare Routine untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Ini moisturizer yang katanya cocok buat kulit berminyak. Tekturnya cream kaya lotion tapi ringan, warnanya putih, begitu diratain di kulit terasa banget tekstur lembutnya dan ternyata gampang meresap di kulit. Setelah pake, kulit jadi lebih lembab.
 
Biasanya saya pake moisturizer ini malem aja, soalnya moisturizer ini bukan water-based, biasanya kalo dipake siang kulit saya jadi keliatan sedikit berminyak. Kalo pake malem, paginya minyak di wajah saya normal aja, ngga berlebihan.
 
Sejauh ini, saya cocok dan ngga ada iritasi di kulit, juga ngga ada rasa perih di daerah deket mata (adek saya pas make katanya rada perih).
 
5.   Reset The Skin 2% BHA Pore-refining Exfoliant (Exfoliating Toner dan Acne Treatment)
Skincare Routine untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Nah, produk ini saya pake buat jerawat dan sesekali buat eksfoliasi kulit. Pas jerawatan saya pakenya sekitar sehari atau dua hari sekali di area yang berjerawat aja (setelah sebelumnya pake toner). Kalo buat eksfoliasi biasanya saya pake seminggu sekali.
 
Tekstur produk ini kaya air dan berwarna bening. Cara pakenya tinggal di tuang di kapas, trus usap pelan-pelan. Udah saya pake beberapa kali, kulit saya cocok. Produk ini juga bantu banget buat mengecilkan jerawat saya (dengan catatan pakenya ngga berlebihan). Oiya, setelah pake ini, biasanya saya pake moisturizer supaya kulit ngga iritasi.
 
6.   Skintific Gentle-A Retinol Renewal Serum (Retinol Serum)
Skincare Routine untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Nah ini retinol serum yang kedua yang pernah saya coba, kebetulan ingredients nya menarik, ada niacinamide, sodium hyaluronate, ceramide, dll, makanya tertarik buat nyobain. Tekstur retinol serum ini lebih ringan dari serum pada umumnya, agak cair, tapi cepet meresap di kulit.
 
Saya pake retinol ini tiga atau empat hari sekali, kadang selang seling sama exfoliating toner. Sebelum pake retinol saya pake toner dulu, dan mastiin kondisi kulit udah kering (ngga basah), trus pake retinol, setelah retinol meresap baru saya pake moisturizer.
 
Sejauh ini, kulit saya ngga ada masalah, cocok banget, apalagi teksturnya ringan dan enak banget dipake di kulit. Tapi kalo perubahan di kulit belum keliatan, soalnya retinol biasanya butuh pemakaian jangka panjang baru keliatan hasilnya.
 
7.   Skin Game Acne Warrior (Acne Treatment)

Eh, ternyata lupa di foto.

Produk ini saya pake sebagai opsi kedua buat jerawat saya. Produk ini teksturnya kaya cream oles gitu, warnanya pink, ada kandungan sulfur dan salicylic acid yang bagus buat mengatasi jerawat.
 
Produk ini saya pake setiap berjerawat dan setiap muncul kemerahan calon jerawat. Saya pake secukupnya, langsung dioles di area yang berjerawat. Oiya, acne treatment ini bukan produk yang meresap di kulit, tapi nempel dan menutupi jerawat.
 
Saya suka produk ini karna produknya bagus, sejauh ini selalu bisa membantu ngecilin atau ngeredain radang jerawat saya. Biasanya kalo jerawatan, daerah yang berjerawat pasti terasa gatel, nah kalo pake produk ini, gatelnya jadi lebih calm bahkan ngga terasa gatel. Jerawat juga jadi lebih steril karna ketutupan acne treatment ini, ngga kena polusi udara, dan ngga kepegang sama tangan kita yang kotor.
 
8.   Azarine Calm My Acne Sunscreen Moisturizer SPF 35 PA+++ (Sunscreen)
Skincare Routine untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Terakhir, yang paling penting dalam menggunakan skincare, yaitu proteksi kulit.
 
Saya pake sunscreen setiap hari, di dalam maupun di luar ruangan, mulai jam 9 pagi, dan re-apply setiap 2-3 jam sekali. Tekstur sunscreen azarine ini creamy ringan, warna putih, tapi gampang meresap di kulit, Setelah dipake, kulit rasanya lembab dan ada sensasi ademnya. Oiya, karna sunscreen ini juga berfungsi sebagai moisturizer, biasanya pagi-pagi saya udah ngga pake moisturizer lagi, cukup pake sunscreen ini aja.
 
 
Sejauh ini, sunscreen azarine cocok di kulit saya, ngga ada iritasi, enak banget dipake di kulit. SPF 35 dan PA +++ cukup banget buat melindungi kulit saya dari UVA dan UVB.

---

SKINCARE ROUTINE PAGI
o  Face Wash + Sunscreen (sudah mengandung moisturizer)

 
SKINCARE ROUTINE MALAM
o  Opsi 1 (kalau sedang ngga berjerawat)

Face Wash + Toner + Daily Serum + Moisturizer
o  Opsi 2 (berjerawat)

Face Wash + Toner + ExfoliatingToner
 + Moisturizer + Acne Treatment
o  Opsi 3 (Pakai Retinol)
Face Wash + Toner + Retinol Serum + Moisturizer

---

Nah, itu dia rutinitas skincare saya akhir-akhir ini. Ngga semuanya dipake bareng, terutama acne treatment, exfoliating toner, sama retinol yang dipake saat-saat tertentu, udah saya tulis lebih jelas di atas.
 
Sejauh ini, saya cocok sama skincare di atas, kalopun jerawatan seringnya sih karna faktor kurang jaga kebersihan sama hormon aja.
 
Basic skincare (face wash, toner/moisturizer, dan sunscreen) sebenernya cukup buat sehari-hari, tapi buat saya yang struggling sama jerawat dan bekasnya, saya perlu skincare tambahan. Makanya disini keliatannya skincare nya banyak, padahal ngga juga kok, semua dipakai seperlunya aja.
 
Nah oke, begitu ajaa.
Semoga post ini bermanfaat yaa buat temen-temen :)

4 comments for "My Current Skincare Routine: Oily and Acne Prone Skin"

  1. Kalo udh terbiasa dan rutin dengan pemakaian skincare, saat ga pake pasti malah berasa aneh ya mba ☺️. Aku juga rutin dan disiplin kalo udh soal skincare. Apalagi kulitku termasuk sensitif, jadi kalo berani dicuekin , udh pasti breakout kemana2 😅.

    Beberapa produk di atas aku sempet pake, yg skintific retinol. Tapi skr udh ga pake, Krn aku ganti ke retinol yg lebih kuat. Tapi yg skintific memang baguuus kok utk para pemula yg mau mulai retinol 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak penting banget buat disiplin pakai skincare, terutama skincare yang mild dan aman buat kulit, habis itu kulit jadi lebih baik

      Waah pas banget saya masih pemula pakai retinol yang skontific duluu, belum berani yang lebih kadarnya lebih tinggi dari ini

      Thank you feedback nya mbaaak :)

      Delete
  2. Makasih reviewnya. Tertarik dengan skincarenya. Suka senang saja lihat produk2 baru walau gak rutin pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak, produk2 baru tuh bikin penasaraaaan banget ya mbaak..

      Makasih juga atas kunjungan dan feedback nya mbak, semoga bermanfaat hehehe :)

      Delete

Good day everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)