Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RESOLUSI 2022: Memulai Tahun Dengan Perencanaan Perubahan Diri

Resolusi Pengembangan Diri 2022


Tahun 2022. Beberapa bulan yang lalu saya masih ngga tau apa-apa, siapa sangka di awal tahun saya bikin resolusi buat diri saya sendiri, apa aja yang mau saya capai di tahun 2022 ini.

Mau cerita dulu, jadi awalnya gini, saya udah kerja 2 tahunan di sebuah lembaga sebagai staf administrasi, tapi selama 2 tahunan itu saya merasa terlalu fokus buat nyelesein kerjaan yang seabrek, saya ngga ngasih waktu ke diri saya sendiri buat belajar, buat nambah ilmu. Pokoknya waktu itu prioritas saya adalah menyelesaikan kerjaan.

Makin kesini makin sadar deh, kok saya nih ngga nambah ilmu yaa, saya merasa ngga tau apa-apa. Sedih dong ceritanya. Habis itu baru mulai pelan-pelan nyediain waktu buat investasi ilmu.

Samakin belajar semakin saya paham ada banyak banget yang perlu saya pelajarin buat diri saya, akhirnya bikinlah saya resolusi ini, sebagai garis besar perencanaan, apa-apa aja yang mau saya kerjain, apa aja yang mau saya ubah jadi lebih baik.

Resolusi ini penting. Iya, penting, supaya tahun 2022 saya lebih terarah dan punya tujuan. Resolusi ini ngebantu buat planning saya. Follow up dari resolusi ini adalah perencanaan yang lebih rinci lagi, cara apa yang perlu saya lakuin, targetnya, timeline, evaluasinya, dll.

Ini Resolusi 2022 saya.

1. Journaling
Di post sebelumnya saya cerita kalo saya pengen lebih bisa terorganisir, jadi saya mau lebih fokus buat journaling. Ada beberapa journal yang saya siapin, menyesuaikan kebutuhan saya. Bener-bener tahun ini fokus membenahi diri. Mau ngejar jodoh soalnya. Waduh.

Ngga, jangan percaya. Saya fokus membenahi diri dan bertumbuh, ya buat diri saya sendiri. Jadi, ya ini salah satu cara saya buat memulai sebuah perubahan, menjadi pribadi yang lebih baik, dibanding saya tahun lalu.

Nah buat journaling, saya ngga ngasih target khusus, kecuali study journal. Soalnya kegiatan journaling ini jatohnya saya lakuin karna emang saya butuh, butuh wadah buat setiap perencanaan saya. Kalo study journal saya target minimal sebulan sekali. Dikit yak? Gapapa pelan-pelan ajaaa. Saya nih 2022 syibuk.

2. Kelas Pengembangan Diri
Yeayy ini kelas yang saya tunggu, yaitu kelas pengembangan diri. Kelas ini jalan selama tahun 2022, jadwal kelasnya setiap sabtu sama minggu. Ini sih bisa sekalian jadi alasan buat nolak ajakan-ajakan main euyy.

Kelas ini mencakup karir, parenting, keluarga, keuangan, dll. Lengkap, dan narasumbernya profesional semua. Pokoknya materinya rich banget dan sampe ngga relaa gitu skip kelas.

Buat kelas ini saya ngga nyiapin banyak, kecuali KOMITMEN, dan journal. Yess biar ilmunya ngga meluap nih yah, poin penting tiap kelas langsung saya tulis di journal namanya Class Journal.

3. 1 BUKU 1 BULAN
Nah ini sih jujur-jujuran aja, minat baca buku saya rendah banget. Saya lebih suka baca artikel, berita, cerpenn, blogpost, dll, yang bacaannya lebih pendek.

Ini saya udah sadar dari lama sih, dan udah mulai cari solusinya. Soalnya gini. Bentar yah mau cerita dulu. Saya males baca buku soalnya bukunya gede. Karna males baca buku gede, saya beralih baca ebook. Eh tapi tiap baca ebook ke distraksi sama chat dan sosmed. Haduuh.

Akhirnya saya beli tablet khusus, buat baca. Tablet ini menyelesaikan masalah saya diatas, saya bisa baca ebook tanpa terdistraksi chat dan sosmed.

Buat buku, saya targetin buat selesei baca satu buku dalam satu bulan, plus nulis journal mengenai poin penting isi buku di study journal.

4. 2 Blogpost 1 Bulan + Blog Planner
Punya blog, udah beli template premium, tiap tahun bayar domain, malah ngga diurus. Sedih banget dah.

Sebenernya ide buat blog banyak, tapi ternyata eksekusinya susah. Ternyata perencanaan sama target tuh sepenting ini. Dalam hal blogging ini misalnya, karna ngga pernah planning, ngga dibikin target buat nulis, ngga disediain tempat buat nulis, yaa blognya jadi diabaikan.

Makanya mumpung sekarang lagi dapet ilham nih, saya mau nargetin tiap bulan upload dua blog post. Ngga cuma itu, biar target ini jalan, saya juga mau bikin blog planner pake blog journal saya.

Dengan adanya blog planner nanti bakal mudahin saya buat nulis draft dan timeline blog post selama setahun. Pokoknya di blog planner nanti timeline harus jelas kayak, kapan cari bahan, kapan nulis, deadline upload, dll.

5. #GraphicDesignProject
Tadi saya udah cerita yah, saya punya blog dari lama. Jadi kegiatan blogging juga sebenernya udah dari lama. Sayangnya saya sedih banget liat banner blog post saya sendiri, kayak, kurang proper gitu nah.

Kebetulan tahun ini emang mau belajar desain grafis, jadi yaudah deh sekalian aja saya bikin projek pribadi ini. #GraphicDesignProject ini fokusnya buat bikin banner blog post aja dulu, banner blog yang lama mau saya ganti sama banner baru dari projek ini.

Sementara di awal bikinnya pake canva atau adobe creative cloud express (sebelumnya adobe spark post), soalnya emang udah familiar sama yang sejenis ini, sama nanti sambil belajar pake adobe photoshop juga.

---

Wah, sungguh 2022 yang sangat produktif. Buat sampe di titik menyadari kekurangan diri dan nyiapin rencana buat berkembang itu, hal yang luar biasa banget. Apalagi buat saya, ini beneran deh baru kali ini saya bikin plan yang beneran gini. Emang mantuls banget saya nih.

Tunggu yaa, kita lihat nanti di akhir tahun apa aja yang udah tercapai dan evaluasi dari plan ini kaya apa. Semangat buat saya, dan kamu, yang lagi berjuang buat ngembangin diri.

6 comments for "RESOLUSI 2022: Memulai Tahun Dengan Perencanaan Perubahan Diri"

  1. Poin no. 3 juga jadi salah satu resolusiku di tahun 2022 ini mbak. Tapi ya itu kadang masih kedistrak sama urusan rumah dan nulis blog juga hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pasti bisaa aja kealihkan sama sesuatu haha tapi tetep balik lagi ke kemauan kita ya ga mbaak

      Delete
  2. Semangaaaat mbaaa. Memang perlu bangettt kok bikin plan seperti ini. Jadi target yang mau dicapai itu terarah, jelas dan tau apa yang mau dicapai.

    Aku sendiri selalu bikin target dari akhir Desember kemarin. Tapi memang kalo blog aku ga bikin target apa2, Krn blog ini hanya utk having fun.

    Tapi target investasi, target traveling, target bisnis, itu semua aku tulis :). Kalo ga gitu, malah bingung pencapaian setahun itu apa aja, bisa dibilang berhasil atau ga.

    Udah bagus uh target bacaan untuk awal mah sebulan 1 buku. Ntr THN depan kalo yg ini tercapai, bisa deh ditingkatan lagi :). Aku sendiri suka banget baca, dan target bacaanku THN ini 60 setahun. Ditingkatin dari yg tahun lalu. Biar makin semangat bacanya :). Tapi buku2 yg aku pilih selalunya novel sih. Kalo non fiksi ga begitu suka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiih mba fanny, uu terharu bangettt

      Iya mbaa emang ternyata tuh segini ngaruhnya plan and target buat perkembangan diri kita sendiri, dan sedih baru nyadar sekarang, kenapaa gitu ga dari kemaren-kemaren

      Tapj yaudahlah yaa, better late than never, selalu ada waktu buat memperbaiki diri

      Semangatt jugaa mba fanny buat target baca bukunya, wih itu 60 buku tuh bukan maen loh mba, tapi saya yakin sii mba fanny pasti bisa

      Delete
  3. planning 2022 ku juga banyak tapi kadang godaan lain yang bikin mager ngerjain.
    nahh, samaan kayak aku mbak, udah planning buat rajin baca buku ehh malah kena racun sosmed dan scrolling hal lain, jadinya ga selesai-selesai baca buku.
    sampe bayar ebook yang premium ehhh malah sia-sia, pokoknya diusahakan kudu bisa atur waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mbaak, duh gampang banget ke distract sama sesuatu haha, pokoknya yang penting usaha aja deh sambil inget-inget tujuan baca buku ni biar apa, atau mulai biasain sediain waktu misal 10 menit tiap pagi buat baca supaya kebangun habit baca bukunya

      Delete

Good day everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)