Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aktivitas Saya Selama di Rumah

Aktivitas Saya Selama di Rumah

Setelah resign kerjaan Januari kemarin, di bulan Februari saya langsung pindah ke Madiun. Niatnya sih karna mau nemenin Bapak yang kebetulan mutase kerja di situ. Pindah di Madiun saya udah ada niat cari kerja, tapi ternyata saya diminta orangtua buat ngga kerja dulu.
 
Saya yang biasanya ada kerjaan numpuk, trus tiba-tiba ngga kerja, sebenernya agak bingung. Awalnya sih masih sibuk beresin barang, tapi lama-lama bingung juga. Sampe akhirnya saya nyadar, justru waktu kosong ini bisa jadi waktu buat istirahat atau ngerjain hal lain yang selama ini saya suka.
 
Alhamdulillah jadinya beberapa bulan kemarin kerjaan saya ngga cuma rebahan aja, saya punya beberapa kegiatan, saya tetep punya waktu istirahat, saya juga jadi bisa lebih menikmati waktu dan kegiatan yang saya lakuin.
 
Baca Buku dan Bikin Konten Buku
Tahun 2022 saya udah mulai buat baca buku lagi, Meskipun 2022 itu kerjaannya banyak banget, saya selalu nyisihin waktu buat baca buku sore atau malem sebelum tidur.
 
Nah pas di Madiun, saya baca buku di pagi hari, waktu yang enak banget buat baca buku karna saya jadi lebih enjoy bacanya. Ngga cuma pagi, tapi kapanpun waktunya saya bisa. Saya juga punya waktu buat mengenal Goodreads, media sosial untuk pembaca buku dan sampe sekarang keterusan update segala macam tentang buku di sana.
 
Baca: Fungsi Goodreads Yang Baru Saya Tahu

Saya bahkan bikin akun Instagram khusus buku alias bookstagram. Buku-buku yang sudah saya baca saya foto, edit sedemikian rupa, dan tulis reviewnya di sana. Saya belajar banyak dari akun bookstagram lain, belajar cara edit foto, belajar nulis review, sampe nyari-nyari rekomendasi buku dari postingan akun lain. Seruu banget.
Bookstagram Sebagai Aktivitas Saya Selama di Rumah
Ini akun bookstagram saya

Nulis dan Ngerapihin Blog
Sebenernya, udah hampir 4 tahun saya tuh jarang banget update blog. Kalo ada unggahan blog tahun 2022, itu sebagian besarnya saya tulis tahun 2022 akhir sampe 2023 ini. Soalnya, kerjaan saya banyak banget, saya ngga sempet bikin unggahan blog secara rutin kaya dulu. Udah punya blog planner 2022, tapi tetep mandek.
 
Baca: Membuat Blog Planner
 
Selain fokus buat rutin update blog, saya kemaren masih sempet ngerapihin beberapa unggahan blog, kaya isi tulisannya, ganti banner blog lama, ngecek internal backlink, sama mastiin unggahan blog udah keindeks google. Saya sampe bikin ceklis kegiatan beres-beres buat mastiin semua postingan di blog udah dicek dan udah rapi.
 
Sekarang, saya udah mulai ngelanjutin update blog dan udah bikin blog planner baru tahun 2023. Meskipun sejauh ini blog planner masih sampe bulan Agustus, tapi gapapa, nanti sambal jalan Insya Allah akan dapet ide buat blog.
 
Bikin Video Reels
Jadi, semenjak tinggal di Madiun, dan karena saya ngga kerja, setiap minggu Ayah saya pasti ngajakin pulkam ke Kartasura. Ngga cuma pulkam, kadang saya juga diajakin kalo kebetulan ada kerjaan di luar kota.
 
Selama perjalanan, saya sering videoin perjalanan. Tapi baru kali ini saya kepikiran buat edit videonya dan upload di Reels Instagram. Saya dapet banyak video, belajar edit pake aplikasi VN, InShot, atau CapCut, dan sekarang udah diunggah di Instagram.
Aktivitas Saya Selama di Rumah
Akun instagram saya
Alhamdulillah, akun saya jadi lebih variatif isinya, ngga cuma quote sama foto alam lagi.
 
Mengurus Rumah
Tentu saja, selain kegiatan di atas, saya pasti ngurus rumah. Saya yang nyapu rumah, ngepel lantai, nyuci baju, nyetrika, juga masak dan nyuci piringnya. Tidak lupa nyapu halaman dan belakang rumah. Awalnya capek, soalnya Alhamdulillah rumahnya luas, mondar mandir sampe pegel, tapi lama kelamaan terbiasa.
 
Saya juga jadi terbiasa buat ngurus sampah. Saya nyuci semua sampah plastik dan kertas di rumah, supaya tumpukan sampah di dapur ngga bau. Sampah plastik sebagian udah mulai disisihin sambil nyari info tempat yang bisa daur ulang plastik. Sampah organik saya buang di belakang, di tanah yang udah dibikin berlubang dan memang buat buang sampah organik.
 
Alhamdulillah, hitung-hitung belajar buat persiapan berumah tangga #eaa
 
---
 
Lumayan kan, Alhamdulillah lagi, walaupun saya ngga punya kerjaan di kantor, tapi saya punya kegiatan positif di rumah. Ngerjain ini itu dan masih sempet rebahan, tidur pun bisa jam 8 malem. Yang paling penting, saya bisa menemani dan mengabdi untuk orangtua. Saya diridhoi orangtua saya untuk sementara ngga kerja, jadi sewaktu saya di rumah aja dan ngelakuin kegiatan di atas, saya ngga merasa jadi beban hahaha.

Btw, akhir-akhir ini saya juga tertarik sama soapmaking, bikin sabun handmade sendiri. Udah nonton beberapa akun yang sharing edukasi tentang persabunan dan kepikiran mau bikin sabun sendiri juga. Masih kepikiran, belum nentuin lebih lanjut dan mau hitung dana dulu hehe.

Post a Comment for "Aktivitas Saya Selama di Rumah"