Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Tahun Ngeblog, Saya Masih Seorang Blogger Pemula

12 Tahun Ngeblog, Saya Masih Seorang Blogger Pemula

Beberapa hari yang lalu, saya lagi baca unggahan-unggahan blog di situs Blogger Perempuan (BP). Di situs BP ada banyak unggahan tentang blog, mulai dari tips nulis, menghasilkan uang dari blog, mengenal google analytics, cara mendapatkan page view tinggi, dan masih banyak lagi. Mikir saya, kok orang-orang pada paham begituan yaaa.
 
Habis itu saya sadar, ternyata meskipun saya udah 12 tahun ngeblog, saya masih seorang blogger pemula karena ada banyak hal yang saya ngga tau. Selama ini saya nulis blog buat hobi, yang ngga terlalu peduli sama hal-hal di atas, bener-bener asli buat nulis aja.
 
Akhirnya sekarang saya malah kepengen nulis-nulis ala kilas balik, buat ngeliat kaya apa saya dulu waktu saya baru mulai ngeblog.
 
Blog Saya Dulu
Saya inget, dulu blog ini isinya curahan hati saya, inget banget ada seri unggahan namanya Random Diary, isinya beneran diari dong haha. Tulisannya masih ala remaja dan warna-warni. Tulisannya juga cenderung pendek. Di awal-awal ngeblog, saya ngga tau cara nulis yang baik, makanya isinya curahan hati.
ini tulisan saya dulu

Saya juga ngga punya topik utama blog. Selain diary, saya cuma punya topik review. Saya ngga punya banyak skincare buat dicoba tapi saya coba review apa yang saya punya aja. Awalnya pun saya ngga tau apa yang mau saya review dan informasi apa yang pembaca butuhkan, jadi saya nulis sekedarnya aja.
 
Belajar dan Banyak Membaca
Topik yang macem-macem, banner blog ala kadarnya, tulisan ngga rapi, dan masih banyak hal lain yang waktu itu perlu saya perbaiki. Syukurnya saya banyak pengen tau tentang blog jadi waktu itu saya nyari grup-grup blogger dan ketemulah saya sama beberapa komunitas blogger salah satunya Blogger Perempuan Network.
situs BP
akun instagram BP
Keputusan saya buat gabung BPN ternyata ngga salah, saya jadi dapet kemudahan buat belajar dari blog member, saya blogwalking ke blog member dan bisa tau gimana sih tulisan yang baik, saya bisa liat gimana banner blog mereka, judul yang mereka bikin, dokumentasi yang mereka masukin kaya apa, dll.
 
Sampai sekarang saya masih suka blogwalking ke blog favorit saya, saya banyak baca tulisan mereka,
 
Sedikit Berinvestasi
Dari banyak belajar dan membaca itu saya jadi tau tentang salah duanya, yaitu domain dan template blog. Waktu itu blog saya pake domain blogspot yang jadinya panjang, dan template gratis tapi loading page terasa berat.
 
Meskipun ngeblog itu cuma hobi, blog saya ini dibaca orang lain, jadi supaya pembaca nyaman baca tulisan saya, saya mutusin buat sedikit ngeluarin uang demi bikin penampilan blog yang lebih rapi.
 
 
Pertama, saya beli domain. Selain buat identitas, domain ini dipake buat mempermudah akses melalui nama web yang lebih unik dan ringkas. Yaa dibanding blog lama yang alamat situsnya panjang kaya randomandbeautie.blogspot.com, kan lebih singkat beyourfein.com yaa.
 
Kedua, saya beli template blog premium supaya tampilan blog jadi lebih simpel, rapi, dan responsif. Memang dibanding template gratis yang ngeditnya ribet dan rasanya berat, pake template premium bikin blog jadi lebih cepet loading.
 
Practice Makes Improvement
Tidak ada latihan yang membuat sempurna, tapi latihan membuat peningkatan. Saya berusaha buat banyak baca tulisan member blog, saya ikut challenge, pernah ikut lomba juga, rutin nulis di blog, sampai akhirnya saya jadi lebih paham cara menulis yang lebih baik
 
Saya udah dua kali ganti domain sekaligus dua kali juga rebranding blog. Saya banyak belajar makanya saya rebranding ulang blog sebagai bentuk perubahan saya, bukti bahwa saya belajar dan saya mau berubah. Setelah ganti domain dan rebranding, saya ganti cara nulis saya, bikin banner blog yang lebih rapi, saya bahkan ngedit semua postingan lama saya sekaligus ganti hampir semua banner blog saya. Saya juga ngajuin indeks ulang link blog yang ngga keindeks google karna ganti domain.
 
 
Jalan yang panjang buat ngedit semua postingan, ngubah banner blog, sama mastiin blog keindeks google, sambil baca-baca tulisan lama, saya jadi bisa ngeliat perbedaan saya dulu sama sekarang. Beda jauh hehe.
 
Blog Saya Sekarang: Saya Masih Seorang Blogger Pemula
Sudah melakukan segitu banyak, ternyata saya masih seorang pemula. Blog saya udah rapi dan lebih nyaman diliat. Dibanding orang lain yang dari blognya udah bisa menghasilkan sesuatu, saya masih nulis buat hobi. Saya ngga tau apa itu Google Analytics yang biasa dipake blogger, Domain Authority (DA) blog saya juga masih 1 aja. Saya bahkan hampir ngga pernah riset keyword, karna saya nulis ya nulis aja, ngga berharap postingan saya dibaca buanyak orang atau blog bisa page 1 di google.
 
Saya dulu dan sekarang ngga beda jauh, yang sama adalah, saya masih nulis blog buat hobi.
 
~~~
 
Dibanding blogger lain yang sudah punya kerjasama sama pihak ketiga, yang paham apa itu Google AdSense dan Analytics, Domain Authority sudah diatas 10, punya rate card blog, dan masih banyak lainnya, saya memang masih pemula.
 
Ngga ada yang salah dengan menjadi blogger pemula dan nulis blog tanpa mencari penghasilan didalamnya. Toh ini keputusan saya. Kalau keputusan orang lain yang pengen ngelakuin hal yang disuka sambil bisa dapetin penghasilan, ya ga masalah juga. Mereka pilih jalannya, saya pilih jalan saya. Pilihan mereka baik, pilihan saya juga baik.

2 comments for "12 Tahun Ngeblog, Saya Masih Seorang Blogger Pemula"

  1. Kayaknya yg namanya belajar, memang ga ada ujungnya ya mba. Semakin banyak digali, semakin banyak kita ga tahu, dan semakin merasa jadi pemula.

    Aku juga gitu kok. Apalagi kalo ngeliat blogger yg memang seriuuus banget di blog. Jauh lah kalo mau dibandingin Ama aku yg nulisnya cuma utk hobi dan supaya ga lupa 😂.walopun aku blm mau serius di blog, tapi aku pun slalu rutin BW ke temen2, walopun tema bahasannya beda, tapi tetep aku baca, Krn mau tahu seperti apa cara menulis di luar Niche ku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu kadang ngerasa insecure kok orang-orang bisa yaa seserius itu di blog, sementara aku yang juga udah dari bertahun-tahun lalu ngeblog tapi buat seneng-seneng aja, buat nulis aja, ga berniat sampe seserius temen-temen blogger yang lain, sampe bertanya-tanya apa aku ngga berbakat

      Tapi yaaa seringnya aku tersadar sih, dari awal aku bikin blog kan karna aku pengen punya space buat nulis apapun yang aku suka, buat berbagi apa yang bisa aku bagi, buat belajar, dll jadi ngga bosen-bosennya aku buat nulis dan belajar, ngga memburu diri sendiri buat posting blog sesering orang lain

      Aku suka blogwaking tapi saat-saat tertentu aja haha, sekalinya blogwalking bisa sampe lebih dari 10 blog kali yah aku

      Terima kasih mba Fanny :) <3

      Delete

Good day everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)